Koleksi Benda Antik Pribadi

copy-r1.jpg

Keris Kyai Ronggolawe

keris ronggo 1Keris berdiri luk 3 panjang 35 cm, bahan meteor. Dhapur Kyai Brojol dengan kombinasi pijitan tangan pada besi dan meteor panas sama dengan Kyai Betok. Tangguh Kerajaan Jenggala Abad 11 Masehi bukan Majapahit, Jaman Madya Kuno, hasil karya Mpu Sutapasana, lainnya bisa dilihat pada sumber Wikipedia soal Keris. Keris berkhodam kelas atas dengan nama Ronggolawe, ajeg berdiri dan menari tarian perang.

Saya dapatkan dari Kp. Tongleng, Cisait, Kragilan, Kab. SerangBanten dan legendaris sudah dikenal masyarakat. Metamorfosa dan adaptasi di Banten menari dengan musik patingtung dan kendang penca. Gambar film agak remang disebabkan pengaruh khodamnya yang sedang mentas, tak ada rekayasa dan sudah banyak warga lainnya melakukan pengambilan gambar dengan hp dan handy camp jika sdg mentas, keris sudah sering dicoba pemilik lamanya. Jika dikaitkan fakta sejarah antara Ronggolawe Panglima Perang Majapahit 1295 m dengan Kerajaan Jenggala (Sejarah Jenggala-Wikipedia) abad 1042-1130 dengan Kidung Panji Wijayakrama dan Kidung Ranggalawe (Kisah Ronggalawe-Wikipedia) mungkin saja ada rentang masa sejarah yang tak berjauhan antara 11 m dan 1295 m jika benar hasil ensiklopedia keris dan sejarah ronggolawe. Soal fakta sejarah Panglima Perang Ronggalawe dan nama khodam Ronggolawe, Wallahu’alam Bishawab, saya hanya bedah dari ensiklopedia keris Kyai Brojol dari Jenggala. Soal luk yang bisa jadi perdebatan meliuk tajam menari, Kyai Brojol Tangguh Jenggala tanpa luk, tapi khas sebelum Majapahit ada yang berluk tajam menari, bisa diambil contohnya, Keris Pandawa Lima luk 5.

Sebagai perbandingan harga mahar nyata bisa dilihat di www.tokobagus.com dan lainnya, hanya berdiri saja disangga dengan warangka tanpa bergerak menari apalagi melayang terbang dengan dhapur Kyai Brojol Rp.600 Juta – 5 M, dan bisa lebih dari 5 Milyard setara dengan Merah Delima 100 Milyard di dalam negeri karna kelangkaannya. Sedangkan harga mahar luar negeri keris berdiri Rp. 100 milyard – Rp. 500 milyard tambahan bergerak. Tapi standar permintaan yang diminta tak mungkin saya layani sebab proses awal langsung berdiri tanpa warangka, sedangkan proses awal masih disangga dengan warangka dan selanjutnya bisa berdiri tanpa warangka dan bahkan bisa bergerak menari dan lainnya jika khodamnya bersedia, dan ada doanya secara Islam, baik Sahadat, Sholawat, dan lainnya. Khodamnya sudah Islam sejak lama, rasanya tak mungkin non muslim bisa memiliki.

—————————————————————————————————————————————————————————-

Keris Kyai Sengkelat Dari Ki Mas Jong Banten Girang

Kyai Sengkelat Tangguh Perkiraan Mataram

Foto-0373Sejarah kerisnya tanpa sarung dan gagang sudah setahun saya pegang, berkarat dan banyak kotoran tanah dan besi, aura daya magis yang negatif dan minyak yang beraroma kurang pas dari  pemilik lamanya Sdr.Hulman. Dibersihkan oleh almarhum Pak Danu, bahan yang aslinya akhirnya kelihatan dan tambah bersih kembali pada bulan Maulid Nabi 2012 yang lalu dimandikan dan diberikan sarung dan gagang dari bahan krekel pohon jambu alami dan berhiaskan zamrud asli hasil penarikan dari Pak Rizal dan diamond dari Ki Tasa. Bahan kayu krekel bisa jadi berubah pasir emas atau pasir intan jika sarungnya diberi intan berlian kecil asli yang banyak, sehingga sama dengan sarung pasir bintang hitamnya Si Ronggolawe.

Keris Kyai Sengkelat yang saya miliki berbeda dengan Kyai Sengkelat lainnya selain kerisnya kecil dengan banyak luk 17. Dilihat dari gaya bahan pasikutannya yang kasar dan kaku serta Pamor Tiban Putih Bercahaya dari ensiklopedia keris, kemungkinan berasal dari Tangguh Sejarah Kerajaan Padjadjaran.  Tapi dari suara yang menggelegar bada Sholat Subuh  dan Dzikir yang saya kerjakan, suara ghaibnya mengatakan, “Tangguh Mataram”.  Mana yang benar masa sejarah kerisnya ? Wallahu’alam Bishawab.

Keris Kyai SengkelatDi Jepret Kamera Murahan Resolusi Rendah

Keris Kyai Sengkelat  merekam sejarah bendanya, komunikasi secara ghaib dan melindungi pemiliknya dari serangan yang tak kasat mata, dari teluh dan santet yang berbahaya. Cahayanya akan nampak di foto dan keris saya jika sudah berdiri melaporkan data sejarah selama melindungi secara ghaib.

Menariknya hal yang sama dan luar biasa di daerah Trumbu Banten Lama dari seorang pemilik keris, yaitu Pak Hafidi rekaman foto yang nampak di hp, foto yang sudah berlalu beberapa hari lengkap dengan tanggal, bulan, tahunnya selain sejarah bendanya pada saat awal klik foto bendanya, jadi kuburan tua. Lainnya kerisnya bisa berdiri dan menyebarkan aroma wangi jika berdiri lama.

Jika kamera hp murahan dengan resolusi rendah tak dapat menangkap apa yang ada dibalik misteri dari kerisnya, mungkin hanya dengan Kamera Kirlian dengan resolusi cahayanya yang dikenal bisa memotret dunia ghaib dan menjawab misterinya.

Keris Umyang Jimbe Luk 7

Keris Umyang  Jimbe luk 7 adalah 3 serangkai keris hasil penarikan dari Banten Girang Ki Mas Jong.  Saya awalnya mengira  Keris Semar sebab mirip dengan Semar ternyata Keris Umyang  Jimbe combong dan berlekuk 7,  dimiliki oleh alm. Pak Danu kemudian saya beli maharkan lagi dari ahli warisnya sebagai kenang-kenangan dan pasangan Keris Sengkelat. Keris Umyang atau Omyang Jimbe adalah keris langka dan memiliki ciri khas untuk penarikan beraneka ragam. Sudah banyak dikenal oleh ahli keris dan biasanya digemari oleh ahli kebatinan.

Khas Sarung Keris Banten Gaya Baru

Sekedar promosi agar kelangsungan para pengrajin kembali berkreasi, keris lama bersejarah yang biasanya hasil penarikan dan warisan keluarga tanpa sarung dan gagang, jika anda menginginkan perawatan kembali bersih mengkilat serta sarung dan gagang yang alami dan berkesan membumi serta berdaya magis, pasir bintang, pasir emas dan lainnya bisa anda pesan ke daerah Ciagel dan Cikesal Kragilan Serang – Banten dengan Ki Tari dan Ki Tasa.

Para pengrajin ahli warangka keris dari Kp. Ciagel dan Cikesal Kragilan Kab. Serang Banten, Ki Tari dan Ki Tasa, masih melanjutkan tradisi lama sebagai ahli perawatan keris lama bersejarah baik benda hasil warisan dan hasil penarikan, paling apik dan indah kembali sama persis dengan aslinya dimasanya. Selain ahli ukir warangka keris, yang menarik warangka keris dengan pasir bintang hitam alami, dimana pasir intannya bagaikan bintang di langit dan intan asli yg memancarkan cahaya kontras dengan tanahnya yang hitam. Lainnya kayu krekel pohon jambu yang diukir indah bagaikan pasir emas jika ditaburi intan asli. Konon warangka keris pasir bintang hitam dan pasir emas berdaya magis tingkat tinggi, selain alami dan terasa membumi kerisnya dengan alam. Jika anda berminat bisa kontak saya. Reportase Teguh Iman Prasetya 081906265182

Keris ki teja kinurung dan mata tombak kisemarKeris teja ki nurung dan mata tombak ki semar

Keris Umyang Jimbe dan Keris Sengkelat dari Ki Mas Jong hasil penarikan dari Banten Girang, dimandikan dan dibersihkan dari kotoran

Foto-0332Foto-0058 Duet Berdiri Foto-0373 Foto-0056 Keris Ronggolawe 2 keris ronggo 1

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s