Khazanah Sejarah Keris

Sejarah Keris 

pandawa limaMenurut pakar perkerisan dari kraton Surakarta, Panembahan Hadiwidjaja Sang Maharsitama, keris berasal dari bahasa Sanskritkris yang berarti menghunus. Sedangkan menurut etimologis jawa atau jarwodhosok nya, keris berasal dari dua kata, sinengker dan aris,dimana sinengker artinya rahasia, disembunyikan,dan aris berarti bijaksana,hati-hati,itu semua mengandung maksud agar manusia yang mempunyai keris mempunyai sikap yang rendah hati, tidak suka menonjolkan diri, tidak sombong, yang dikiaskan dengan bahasa sinengker dan juga mempunyai sikap yang bijaksana, hati-hati, tidak sembrono, atau grusa-grusu.

Lanjutkan membaca “Khazanah Sejarah Keris”

Keris Berdiri dan Tarian Perang Ronggolawe

keris-ronggo-1.jpg

Keris Ronggolawe

Keris berdiri luk 3 panjang 35 cm, bahan meteor. Dhapur Kyai Brojol pijitan tangan pada besi dan meteor panas sama dengan Kyai Betok. Tangguh Kerajaan Jenggala Abad 11 Masehi bukan Majapahit,  Jaman Madya Kuno, hasil karya Mpu Sutapasana, lainnya bisa dilihat pada sumber Wikipedia soal Keris.  Keris berkhodam kelas atas dengan nama Ronggolawe, ajeg berdiri dan menari tarian perang.

Saya dapatkan dari Kp. Tongleng, Cisait, Kragilan, Kab. SerangBanten dan legendaris sudah dikenal masyarakat. Metamorfosa dan adaptasi di Banten menari dengan musik patingtung dan kendang penca. Gambar film agak remang disebabkan pengaruh khodamnya yang sedang mentas, tak ada rekayasa dan sudah banyak warga lainnya melakukan pengambilan gambar dengan hp dan handy camp jika sdg mentas, keris sudah sering dicoba pemilik lamanya.  Jika dikaitkan fakta sejarah antara Ronggolawe Panglima Perang Majapahit 1295 m dengan  Kerajaan Jenggala (Sejarah Jenggala-Wikipedia) abad 1042-1130 dengan Kidung Panji Wijayakrama dan Kidung Ranggalawe (Kisah Ronggalawe-Wikipedia) mungkin saja ada rentang masa sejarah yang tak berjauhan antara 11 m dan 1295 m jika benar hasil ensiklopedia keris dan sejarah ronggolawe.  Soal fakta sejarah Panglima Perang Ronggalawe  dan nama khodam Ronggolawe, Wallahu’alam Bishawab, saya hanya bedah dari ensiklopedia keris Kyai Brojol dari Jenggala.

Lanjutkan membaca “Keris Berdiri dan Tarian Perang Ronggolawe”

City Tour, Museum Warga dan Galeri Benda Antik

Proyek riset saya sekarang sebagai orang  Banten nampaknya harus segera memetakan jalur peta City Tour, Museum Warga, dan Galeri Benda Antik milik warga masyarakat. City Tour jalur naga soal Museum Warga hak milik warga yang tidak bisa dimaharkan, benda warisan keluarga, benda amanah, dan lainnya, sedangkan  galeri benda antik hasil benda warisan keluarga, barter jual beli, hasil penarikan yang tidak melanggar UU BCB, dan lainnya.  Sejak 2011 saya fikir sudah banyak yang diarsipkan, minimal untuk Kota /Kabupaten Serang. Sedangkan Kota dan Kabupaten lainnya di sekitar Banten lainnya, masih belum banyak diarsipkan, kendala soal biaya dan lainnya.

Lanjutkan membaca “City Tour, Museum Warga dan Galeri Benda Antik”

Keris Kyai Sengkelat Dari Banten Girang Ki Mas Jong

Keris Kyai Sengkelat 

Foto-0373Kyai Sengkelat Tangguh Perkiraan Padjadjaran dan Mataram

Sejarah kerisnya tanpa sarung dan gagang sudah setahun saya pegang, berkarat dan banyak kotoran tanah dan besi, aura daya magis yang negatif dan minyak yang beraroma kurang pas. Dibersihkan oleh almarhum Pak Danu, bahan yang aslinya akhirnya kelihatan dan tambah bersih kembali pada bulan Maulid Nabi 2012 yang lalu dimandikan dan diberikan sarung dan gagang dari bahan krekel pohon jambu alami dan berhiaskan zamrud asli hasil penarikan dari Pak Rizal dan diamond dari Ki Tasa. Bahan kayu krekel bisa jadi berubah pasir emas atau pasir intan jika sarungnya diberi intan berlian kecil asli yang banyak, sehingga sama dengan sarung pasir bintang hitamnya Si Ronggolawe.

Lanjutkan membaca “Keris Kyai Sengkelat Dari Banten Girang Ki Mas Jong”

Keris Ronggolawe Sarung dan Gagang Pasir Bintang

keris ronggo 1Khas Sarung Keris Banten Gaya Baru

Keris lama bersejarah biasanya hasil penarikan dan warisan keluarga tanpa sarung dan gagang. Jika anda menginginkan perawatan kembali bersih mengkilat serta warangka dan gagang yang alami dan berkesan membumi serta berdaya magis, pasir bintang dan lainnya bisa anda pesan ke daerah Ciagel dan Cikesal Kragilan Serang – Banten dengan Ki Astari dan Ki Tasa.

Klik

http://www.youtube.com/watch?v=5izPe-yusv4&list=PLd1PYR0tSidLy9JkiGL-Lo9ftF7f7q7vn&index=7

Lanjutkan membaca “Keris Ronggolawe Sarung dan Gagang Pasir Bintang”

Merah Delima Asli Tidak Dimaharkan

MD asli milik kawan saya Pak Rizal dari Pandeglang

Keris Berdiri Kyai Jangkung

Keris Berdiri Pamor Kyai Jangkung

Keris berdiri luk 3 panjang 35 – 40 cm bahan meteor asli. Pamor kyai jangkung. Tangguh Majapahit. Keris milik alm. Pak Danu (Kamandanu Bagus Sugiarto) sahabat saya paling akrab sejak tahun 2011 mengenal benda antik. Beliau guru sekaligus sahabat saya yang paling baik yang saya kenal. Memilik banyak sekali benda antik baik bersejarah, alami dan berkhodam dari  Kesultanan Kanoman Cirebon. Lainnya dari perjalanan alm benda antik lainnya banyak dikoleksi. Ahli antropologi dari Prancis, Dr. Gabriel pernah datang melihat benda antiknya. Bisa kontak saya jika anda berminat sbg kolektor benda antik bersejarah dan berkhodam, saya akan kontak ahli waris keluarganya. Teguh Iman Prasetya 081906265182

Kenangan Sejarah 2011

Soundtrack Film,  Karya Iwan Fals, Hadapi Saja

Benda Antik Alm. Pak Danu

Seorang guru dan sahabat baik saya alm. Pak Danu memiliki banyak benda antik bersejarah, alami dan berkhodam. Jika anda berminat pada benda antiknya saya akan kontak ke ahli waris keluarganya.

Teguh Iman Prasetya

081906265182

Lanjutkan membaca “Kenangan Sejarah 2011”

Download Buku Konspirasi Zionisme

Konspirasi Zionisme Israel

Kumpulan data buku yang merupakan jejak perjalanan Zionisme Israel yang mengerikan dan menjadi kajian ahli sejarah, religi, sosial budaya, politik, hukum, ekonomi, di seluruh penjuru dunia. Sistem ekonomi neo liberalisme yang mencengkram dunia dimulai dari USA, kaum kabbalah, masyarakat rahasia mereka dan dikte budaya global yang ditanamkan di semua ruang dan wilayah termasuk dunia pendidikan, dan banyak lagi. Konspirasi Zionisme Israel belum berakhir bagi peradaban kita. Resensi bukunya belakangan, sementara translate e book bagi yg belum mahir dengan http://www.translate. google. com atau di situs lainnya.

Lanjutkan membaca “Download Buku Konspirasi Zionisme”

4 Nabi Yang Masih Hidup (Khidr, Ilyas, Isa dan Idris a.s.)

4 Nabi Yang Masih Hidup (Khidr, Ilyas, Isa dan Idris a.s.)

4 Nabi yang masih hidup dan tetap diberi rizqi dari khazanah Allah Swt. Mereka adalah golongan yang dikhususkan oleh Allah swt. 2 Nabi Ada dibumi yaitu Nabi Khidr dan Nabi Ilyas a.s. Ditempatkan di bagian bumi yang khusus Allah Maha Tahu yang mengetahui tempat itu. 2 Nabi ada di langit yaitu Nabi Isa dan Nabi Idris a.s. Ditempatkan di bagian langit yang khusus yang Allah  Maha Tahu  mengetahui tempat itu.

Lanjutkan membaca “4 Nabi Yang Masih Hidup (Khidr, Ilyas, Isa dan Idris a.s.)”

Batu Terbang, Masjid Al Aqsha, dan Kubah Emas

keindhn.jpg (112×128)Tulisan ini merupakan tambahan informasi dan penjelasan dari artikel tentang gambar “Batu Terbang” di Palestina. Karena cerita yang menyertai gambar batu terbang tersebut seringkali menyinggung tentang peristiwa Mi’raj Nabi Muhammad, maka perlu juga dijelaskan tentang keberadaan batu yang disebutkan sebagai tempat di mana Nabi memulai perjalanan ke langitnya. Selain itu, tidak jarang terjadi kesalahpahaman, di mana orang mengira Masjid Kubah Emas sama dengan Masjid Al Aqsha. Melalui tulisan di bawah, akan dijelaskan perbedaannya.

Batu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad dan Masjid Kubah Emas

Lanjutkan membaca “Batu Terbang, Masjid Al Aqsha, dan Kubah Emas”

Kiamat Tahun 2012 Kalender Bangsa Maya

Kiamat 2012 Sudah Dekat ??

Film 2012 Doomdays  yang menghebohkan itu kini diputar dibanyak bioskop dengan mengambil inspirasi dari kisah mithologi kalender suku bangsa Maya yang memprediksi tahun 2012 akan terjadi Kiamat. Saya sudah dapat menduga bahwa kisah itu sangat menarik. Tahun 2008 lalu  saya mengkoleksi cerita mithologi tersebut, hingga hari ini berbagai komentar masuk (lebih dari 100 orang) sangat menarik dengan berbagai pendapat. Silahkan klik https://teguhimanprasetya.wordpress.com/2008/09/05/ramalan-bangsa-maya/

Lanjutkan membaca “Kiamat Tahun 2012 Kalender Bangsa Maya”

Situs Thothweb Hilang

ufo1242Kehilangan Situs Thothweb

Hari ini membuka data link sahabat, komunitas, serta memeriksa kembali situs-situs bernilai ternyata ada yang hilang dan kehilangan besar untuk mendapatkan akses gratis. Situs itu adalah situs kebudayaan dan peradaban dunia yang sangat bernilai sekali bagi kita semua.

Situs itu adalah http://www.thothweb.com , saya biasa menaruhnya digaleri budaya dunia sejak dua tahun lalu (sekarang sawung budaya), situs yang berisi kebudayaan dan peradaban dunia tersebut begitu sangat memikat dan disajikan sangat indah dilengkapi pula karya foto jurnalistik dari berbagai dunia serta artikel yang sangat bagus serta teruji, sangat mengagumkan sekali

Lanjutkan membaca “Situs Thothweb Hilang”

Israel The Real Terorrist

Israel The Real Terrorist

Lanjutkan membaca “Israel The Real Terorrist”

Piramida 4300 SM

14/11/2008 Mesir Temukan Piramida 4.300 Tahun

Ilustrasi
(istimewa)

Saqqara – Mesir yang terkenal dengan peninggalan firaunnya kembali menemukan kekayaaan sejarah arkeologinya. Yakni, dengan ditemukannya piramida, dengan usia yang diperkirakan mencapai 4.300 tahun.

Bangunan peninggalan masa lalu itu ditemukan di wilayah Saqqara atau sekitar 19 km di sebelah selatan ibu kota Mesir Kairo, di mana di lokasi ini dulunya berdiri kota tua Memphis. Piramida ini diyakini milik Ratu Sesheshet, ibu Raja Teti, pendiri dinasti keenam kerajaan Mesir kuno. Lanjutkan membaca “Piramida 4300 SM”

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Untuk sekadar mengingatkan kembali bagaimana pentingnya kita menghargai sejarah dan benda-benda peninggalan berupa artefak-artefak, candi, prasasti, atau yang lainnya, marilah kita melihat bagaimana Candi Borobudur direkonstruksi sehingga menjadi bangunan yang megah dan termasuk tujuh keajaiban dunia. Untuk mengawalinya kita perlu melihat bagaimana nama dan Candi Borobudur diketahui. Lanjutkan membaca “Candi Borobudur”

Piramid

PIRAMID

Piramida raksasa Mesir merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia saat ini, sejak dulu dipandang sebagai bangunan yang misterius dan megah oleh orang-orang. Lanjutkan membaca “Piramid”

Dark Eyes, Legenda Suku Mayan, Nostradamus, Atlantis

Dark Eyes

Lagu yang dilantunkan Bob Dylan penyanyi legendaris ini begitu sangat menyentuh dan membuat kita ngeri, apa yang terurai bercerita banyak mengenai kisah peradaban, misteri dan perang yang mewarnai tragedi manusia. Dark Eyes mata gelap ditengah ancaman perang nuklir, terorisme, ketidak adilan dan kolonialisme baru, misteri UFO, ramalan dan ancaman komet nibiru jatuh juga ketidak berdayaan kita di tengah alam semesta

Lanjutkan membaca “Dark Eyes, Legenda Suku Mayan, Nostradamus, Atlantis”

Hikayat dagang Sapi dan Isme-Isme

HIKAYAT dagang SAPI DAN ISME-ISME

FASCISM

kau punya 2 sapi

Negara mengambil alih keduanya dan menjual susu padamu.

NAZISM

kau punya 2 sapi

negara mengambil keduanya dan menembakmu
Lanjutkan membaca “Hikayat dagang Sapi dan Isme-Isme”

Manusia Duyung yang Menyeramkan

Isu Manusia Duyung
Saya menemukan gambar manusia duyung atas permintaan Sdr. Dharma. Apakah ini benar ada kaitannya dengan dongeng manusia duyung yang kemarin (lihat diblog ini) atau gambar ini hanya hasil dari rekayasa gbr ? Tetapi sepertinya ini gambar ikan yang bener-bener mirip dengan manusia duyung juga ada lagi tengkorak fosil manusia duyung dari florida.Fuihhhhhhhhh beneran apa bohongan sih. Hiiih serrrrrrrrreeem ahhh mendingan nyari putri duyung kali aja sangat cantik. Lanjutkan membaca “Manusia Duyung yang Menyeramkan”

Legenda Di Dasar Laut

Alexandria, Egypt  : Lepas pantai Alexandria, kota dari Alexander the Great, terbentang apa yg dipercayai sebagai puing-puing kamar / ruangan kebesaran Cleopatra. Dipercayai bahwa gempa besar sekitar 1500 tahun yang lalu  yang menyebabkan tempat ini tenggelam di dalam laut bersama peninggalan-peninggalan bersejarah, patung-patung dan bagian-bagian lain dari istana Cleopatra. Lanjutkan membaca “Legenda Di Dasar Laut”

Alien Masa Prasejarah

Berikut adalah dua peninggalan-peninggalan yang dapat membuktikan bahwa pada masa tersebut bumi telah dikunjungi oleh makhluk-makhluk asing yang super jenius pada masanya.
1. The Dropa stone

Cerita mengenai Batu Dropa dimulai tahun 1938. Batu dropa ditemukan di Gunung Baian-Kara-Ula, Perbatasan China dan Tibet. Sebuah ekspedisi arkeolog, yang dipimpin Chi Pu tei, menemukan sebuah gua yang tampaknya dihuni oleh makhluk primitif jaman dulu. Di dinding gua, terukir pictogram tentang surga, yang berisi: Matahari, Bulan, Bintang, dan bumi dengan titik-titik menghubungkan semuanya. Kemudia mereka menemukan sebuah batu berbentuk disk yg terkubur setengah di tanah, yang jelasnya sangat bagus bentuk nya untuk makhluk seprimitif mereka. Ukuran batu tersebut kira2 berdiameter 9 inchi. Dan setelah di teliti, umur dari batu tersebut kira2 antara 10.000-12.000 tahun yang lalu. Dan kemudian ditemukan 716 plate lain nya, dan setial plate/lempengan berisi rahasia yang sangat besar. Isi lempengan tersebut berisi tulisan hieroglip (hieroglyphic).

Lanjutkan membaca “Alien Masa Prasejarah”

Misteri Segitiga Bermuda

Sebenarnya tempat misteri ini tak benar bila dikatakan segitiga, sebab batas-batas dari petunjuk kapal-kapal atau pesawat terbang yang hilang lebih dari bentuk segitiga itu. Segitiga itupun hanya merupakan imajinasi saja. Bila kita ambil peta, kita buka di bagian Amerika Tengah, di sana terdapat banyak kepulauan Hindia Barat. Lanjutkan membaca “Misteri Segitiga Bermuda”

Mithos atau Kisah Nyata Jejak Bangsa Antlantis

Legenda yang berkisah tentang “Atlantis”, pertama kali
ditemui dalam karangan filsafat Yunani kuno: Dua buah
catatan dialog Plato (427-347 SM) yakni: buku Critias
dan Timaeus.

—->

Duyung dan Manusia Duyung

Duyung dan manusia duyung berbeda. Duyung, sejenis mamalia laut yang bentuknya seperti anjing laut. Sedangkan manusia duyung, ikan dengan bagian tubuh atas mirip manusia. Fakta menunjukkan manusia duyung pernah hidup. Lanjutkan membaca “Duyung dan Manusia Duyung”

Manusia Raksasa

Bukti-bukti arkeologis menunjukkan manusia berukuran besar pernah hidup di bumi ini pada zaman kehidupan dinosaurus. Catatan Tiongkok kuno dan cerita rakyat turut memperkuat keberadaan mereka. Lanjutkan membaca “Manusia Raksasa”

Salakanagara-Banten yang Bersejarah

Dolmen Salakanagara

Dolmen Salakanagara

Konon merupakan jejak yang masih utuh yang berada masih dikomplek situs cihunjuran salakanagara. Dolmen ini juga dapat memperkuat bahwa disini pernah berdiri sebuah kerajaan, yaitu Salakanagara (doc.nr)

Seni Purba yang Eksotis

Seniman Prasejarah yang Dahsyat

Siapa bilang manusia purba tak dapat menggambar, memahat, dan melukis dengan indah? Karya mereka tak kurang hebatnya seperti seniman Picaso, Rembrant, dan lain-lain. 20 Karya lukis yang terpatri puluhan ribu tahun silam terekam jelas menjadi karya seni rupa alami yang monumental yang hingga kini dapat dinikmati dan diakui sangat mempesona dunia.

Dari gua-gua tempat mereka tinggal, dan berawal dari sinilah kemudian gambar-gambar hingga huruf abjad diciptakan oleh manusia ketika mulai memasuki masa sejarah peradabannya (masa historik). Ditandai ekspresi seni rupa yaitu seni pahat dan lukis kemudian huruf abjad simbol pertama kali diciptakan oleh bangsa Mesir yaitu Hiroglief (huruf abjad yang diambil dari simbol lambang mahluk hidup, benda mati dll) diperkirakan sekitar 3500-2500 SM hingga mahakarya seni bangunan Piramida di Gizeh. Lanjutkan membaca “Seni Purba yang Eksotis”

Ilmuwan Muslim

Ilmuwan Muslim dari Waktu ke Waktu

Ditulis pada September 20, 2008 oleh Ruswandi

Kita kemungkinan sedikit sekali yang tahu bahwa sumbangan modernisasi dunia dan barat yang berawal pada masa renaisans serta revolusi industri di Eropa dikarenakan sumbangan peradaban dari kaum muslimin. Bukan berarti untuk berbangga Lanjutkan membaca “Ilmuwan Muslim”

Kaget Dengan Peminat UFO

Cukup kaget sekali dengan peminat UFO di Indonesia, ternyata banyak sekali yang berkomentar. Padahal artikel saya itu belum lengkap dan hanya iseng saja dari hasil mengumpulkan jendela situs yang saya kumpulkan dan tertera pada blog ini. Kebetulan siapakah mahluk UFO alien itu jarang dibahas melalui literatur Al-Qur’an dan Science. Lanjutkan membaca “Kaget Dengan Peminat UFO”

The Best Esoteric Derwishes of Damascus

Dari sekian banyak tradisi tarian, musik, dan nyanyian doa (dzikir) Maulana Jalaluddin Rumi, film ini mungkin termasuk yang terbaik dari sekian banyak versi yang ada di you tube, karena lebih memiliki getar dan penghayatan yang sangat kuat dibandingkan film lainnya dari berbagai negara, bahkan festival yang digelar.

Lanjutkan membaca “The Best Esoteric Derwishes of Damascus”

Syekh Abdul Karim Pemimpin Tarekat

Syekh Abdul Karim Pemimpin Tarekat dan Haji-haji Pemberontak

Gerakan kebangkitan kembali (revival) yang dipimpin Syekh Abdul Karim alias Kiai Ageng memang memperlihatkan sikap yang keras dalam soal-soal keagamaan dan bernada puritan. Tetapi ia bukan seorang revolusioner yang radikal. Kegiatan-kegiatannya terbatas pada tuntutan agar ketentuan-ketentuan agama, dengan tekanan khusus kepada salat, puasa, mengeluarkan zakat dan fitrah, agar benar-benar dilaksanakan. Dan tentu saja, zikir merupakan kegiatan yang pokok pula.

Lanjutkan membaca “Syekh Abdul Karim Pemimpin Tarekat”

Ramalan Bangsa Maya 2012 Peradaban Baru Dimulai

Lanjutkan membaca “Ramalan Bangsa Maya 2012 Peradaban Baru Dimulai”

Kisah Cinta Komik Indonesia

 

ADAKAH CERGAM INDONESIA?

oleh Ifan Adriansyah Ismail
dipublikasikan di harian Media Indonesia, Rabu, 20 Februari 2008

“Jepang banget!”
“Gaya Amerika tidak masuk akal di sini. Mana ada orang
Indonesia
posturnya seperti itu?” “Bikin cergam yang meng-Indonesia dong.”“Blablabla…”

Dari penikmat musiman sampai yang mbahurekso dunia cergam Indonesia agaknya kenyang mendengar kalimat-kalimat itu (catatan: cergam, sebutan untuk komik asli Indonesia). Apakah cergam Indonesia? Perdebatannya tak kunjung usai. Sampai sebuah suara pragmatis muncul, “Sudahlah, komik memang sudah medium Barat. Yang penting bagaimana memanfaatkan mediumnya.”

Demi menjaga kewarasan berkarya, mungkin sikap itu patut ditiru. Tapi, jika memerhatikan betapa karakter sebuah bangsa bisa begitu menonjol dalam cergamnya tetap saja memancing pertanyaan. Kenapa kita bisa membedakan cergam Amerika, Eropa dan Jepang? Lalu, kenapa Indonesia tidak juga bisa ‘dikenali’?

Cergam di Amerika yang dimulai dari komik humor memang tak diniatkan serius. Sementara di Eropa cergam justru dinobatkan sebagai seni kesembilan. Jadi apa rahasia ciri khas cergam Amerika dan Eropa? Karakter! Lanjutkan membaca “Kisah Cinta Komik Indonesia”

Hak Karya Intelektual Indonesia

Semakin Banyak Artefak Indonesia Yang Dicuri: TREND EKONOMI KREATIF??

 

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan terdiri atas pulau-pulau. Ada begitu banyak suku dan adat istiadat di Indonesia. Latar belakang ini melahirkan keragaman yang luar biasa. Ada ribuan, atau mungkin jutaan artefak budaya yang tersimpan di bumi pertiwi, mulai dari tarian, ornamen, motif kain, alat musik, cerita rakyat, musik dan lagu, makanan dan minuman, seni Pertunjukan, produk arsitektur, dan lain sebagainya. Ini merupakan sebuah kekayaan luar biasa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa ke Negara Indonesia.

Saat ini, kita hidup di era globalisasi yang sarat atas persaingan yang tinggi. Di babak ini, inovasi menjadi “bahan bakar” pertumbuhan ekonomi. Tingginya tingkat persaingan mengakibatkan ekonomi global harus terus bergerak mencari inovasi-inovasi baru. Intensitas kompetisi ini membuat terjadinya pergeseran dari “inovasi berbasis teknologi” menjadi “inovasi berbasis kreativitas”. Artefak-artefak tradisional, yang pada awalnya dianggap tidak bernilai ekonomi tinggi, menjadi sangat berharga. Hal inilah yang melatarbelakangi pencurian, pempatenan dan klaim Negara atau oknum Warga Negara Lain terhadap artefak budaya Indonesia. Beberapa artefak budaya Indonesia yang telah dicuri, dipatenkan atau diklaim oleh negara lain antara lain: Lanjutkan membaca “Hak Karya Intelektual Indonesia”

Tradisi Juara Dunia Olimpiade Sains dan Tenaga Ahli Migas

Umumnya 95% lebih dari karyawan perusahaan MNC yang ada di Indonesia adalah putra-putri Indonesia. Pekerja di sektor gas Indonesia juga banyak ditarik oleh perusahaan gas Qatar: Qatargas. Para pelajar Indonesia Indonesia juga meraih medali emas dalam Olimpiade Sains dunia untuk Kimia dan Fisika. Begitu pula medali perak dan perunggu.

Ini merupakan satu tanda bahwa Indonesia bisa mandiri mengelola kekayaan alamnya sendiri. Tinggal bagaimana bangsa Indonesia memilih pemimpin yang mampu memimpin Indonesia jadi bangsa yang mandiri.

OLIMPIADE SAINS

Pelajar Indonesia Raih Medali Emas

Kompas, Jakarta, Senin, 28 Juli 2008 – Tradisi membawa pulang medali emas dari tim olimpiade sains Indonesia terus berlanjut. Pada Minggu (27/7) diinformasikan, Tim Olimpiade Fisika Indonesia meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu dari ajang Olimpiade Fisika Dunia yang berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Persembahan medali emas juga diberikan kepada pelajar Indonesia yang bertarung dalam kompetisi Olimpiade Kimia Internasional di Budapest, Hongaria, yang diikuti 261 pelajar dari 73 negara. Tim yang pulang ke Tanah Air, Sabtu, juga merebut 1 medali perak dan 1 perunggu.

Medali emas dari Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) diraih Kevin Winata (SMAK I Penabur Jakarta) dan Rudy Handoko Tanin (SMA Sutomo 1, Medan), medali perak didapat Adam Badra Cahaya (SMAN 1, Jember) dan Thomas A Nugraha (SMAN 78, Jakarta), serta medali perunggu diraih Tyas Kosasih (SMA Taruna Nusantara, Magelang). Tim pelajar yang tergabung dalam TOFI dipimpin Kamsul Abraha dan Hendra Kwee.

Dalam Olimpiade Fisika Asia dan Internasional, pelajar Indonesia memiliki tradisi membawa pulang medali emas.

Perolehan medali emas dari Olimpiade Kimia Internasional dipersembahkan Kelvin Anggara (SMA Sutomo 1, Medan), medali perak diraih Vincentius Jeremy Suhardi (SMA St Louis, Surabaya), dan medali perunggu diraih Ariana Dwi Candra (SMAN 1 Pati, Jawa Tengah).

Baca artikel selengkapnya di:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/07/28/00233595/pelajar.indonesia.raih.medali.emas

Purbacarita Situs Cihunjuran

Tadi siang mendapat laporan dari seorang aktivis mahasiswa ternyata sangat mengejutkan sekali, Situs purba Cihunjuran dan Citaman didaerah Kabupaten Pandeglang tidak masuk dalam daftar pariwisata yang layak dikunjungi wisatawan domestik pada saat acara MTQ Nasional kemarin (MTQ yang gelisah). Mungkin juga tidak ada dalam setiap event, agenda, kalender, dan pameran pariwisata Propinsi Banten.

Lokasi disekitar tempat Gunung Pulosari tersebut sebetulnya sangat unik dan menarik (baca kategori budaya lokal : Banten Purba Carita) bagi masyarakat Banten yang belum mengetahui. Betapa tidak, batu purba besar ditengah sawah, kolam yang sangat indah, jernih dan dapat dipakai mandi, kuburan purba yang sangat panjang menurut versi Sunda Kuno disebut Aki Luhur Mulya, atau menurut versi HIndu Anglingdarma, versi Islam Wali Jangkung, menhir, batu peta kuno, dolmen, batu dakon (tempat meramu obat), dll  bertebaran sangat menarik pemandangan mata untuk melihatnya.  Konon menurut cerita adalah asal muasal Kerajaan HIndu Salakanagara pada abad ke 1 masehi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya menurut banyak sumber, karena bukti dan naskah kuno tesebut masih meragukan.

Banyaknya tempat  prasejarah dan sejarah di daerah Banten dari ujung rantai Anyer-Karang Bolong dll. hingga ke daerah Banten Selatan yaitu Gunung Karang, Gunung Pulosari, Lebak Sibeduk, Sasaka Domas-Baduy, dll.,  konon pula di daerah Ujung Kulon, saya bermimpi tempat tersebut dirawat dan pelihara serta dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, apabila tidak ada tempat untuk merawatnya sebagai museum terbuka untuk umum (atau tidak boleh dibuka seperti Baduy) dan dilindungi oleh hukum adat. Tidak mustahil dimasa datang temuan lain akan menyusul dan Banten sebagai daerah kedua setelah Sangiran yang terkenal dengan manusia purbanya (giganthropus erectus-manusia raksasa).

Misteri UFO Manuskrip India

Misteri UFO : Manuskrip dari India

Banyak para penyelidik UFO ingin mengetahui suatu fakta penting, ketika UFO disebut sebagai kendaraan milik makhluk asing, atau mungkin asalnya dari tentera kerajaan, muncul satu lagi kemungkinan yang mungkin tentang UFO yaitu benda itu berasal dari India dan Atlantis Kuno. Apa yang kita ketahui tentang pesawat terbang orang India kuno datangnya daripada sumber-sumber India kuno yang mencakup penulisan teks yang datangnya dari turun-temurun. Tanpa banyak prasangka bisa kita katakan bahwa kebanyakan teks ini adalah sah dan asli melihat sebagian besar belum lagi diterjemahkan dari bahasa Sanskrit lama.

Lanjutkan membaca “Misteri UFO Manuskrip India”

Master of Zen

Besok adalah hari Waisak bagi penganut agama Budha. Satu hal yang menarik bagi saya adalah aliran Zen dalam agama Budha, aliran ini bahkan sangat digemari masyarakat kita. Bagi yang menggemari film kungfu pasti tidak asing lagi dengan nama kuli Shaolin di daerah Cina Selatan.  Tat Mo Chawsu atau Bodhi Darma tokoh penyebar agama Budha dari India yang konon didaerah asalnya juga adalah seorang pangeran sama seperti Sidharta Gautama yang melepaskan kehidupan duniawi dari lingkungan istananya untuk mencari kebenaran.

Menyebarkan paham barunya di kuil Shaolin pada abad 527 SM dengan menambah semangat baru melalui gerakan olah raga bela diri dan meditasi yang kemudian dikenal hingga ke manca negara.

Zen yang artinya tercerahkan  merupakan aliran baru yang dikembangkan Tat Mo Chawsu di daerah China Selatan sangat terkenal dengan kungfunya, begitupula di negara Jepang dengan beladirinya yaitu  Karate-Aikido dan Shorinji Kempo. Keduanya merupakan sistem sosial budaya yang berkembang hingga saat ini bahkan telah mendunia.   

Tat Mo Chawsu guru besar itu mengajari para rahib di kuil Saolin agar tidak lemah yaitu  18 Tangan Lohan, Metamorfosa Otot (Yi Jin Jing) dan Pembersihan Jalur Susuhumna (Xi Sui Jing). Dimana 18 Tangan Lohan itu diciptakan oleh Bodhidharma selama melakukan meditasi selama 9 tahun menghadap tembok, yang kalau tidak salah didasarkan pada gerakan2 hewan2 tertentu. 

Yi Jin Jing dan Xi Sui Jing sendiri secara tidak langsung bisa dihubungkan dengan keilmuan yoga tertentu, dimana Yi Jin Jing ini bisa disamakan dengan teknik2 Hatha Yoga, yakni melakukan postur2 tertentu dengan tujuan untuk melemaskan urat, jalan nadi, dll sehingga memudahkan aliran energi berjalan dengan lancar.

Sedangkan Xi Sui Jing mempunyai kesamaan dengan teknik2 lanjut pada keilmuan yoga tertentu di India, yang menggunakan latihan visualisasi tertentu dengan tujuan menyalurkan energi vital untuk mengalir dalam tulang (sumsum tulang), darah dan otak.

Konon dikatakan setelah berlatih Xi Sui Jing beberapa tahun, seseorang akan berubah menjadi seperti seorang Saint, mempunyai muka yang selalu bercahaya, tubuh dipenuhi chi, dan tidak akan terasa lelah walaupun tidak tidur.

Kungfu eksternal paling awal dan terkenal di Shaolin, yakni 18 Lohan Chuan dikembangkan dari teknik 18 Tangan Lohan yang diajarkan Bodhidharma. Kemudian dari 18 Lohan Chuan ini dikembangkan menjadi 72 seni melatih kekuatan. Setelah itu dikembangkan lebih lanjut lagi menjadi 5 jurus hewan yang meliputi harimau, ular, naga dan lain2.
Sedangkan untuk meditasi, Zen berfokus pada kekosongan, agar menyadari sifat alamiah diri, selain itu Zen juga menggunakan Koan untuk menyadarkan pikiran praktisinya seketika (spontan) untuk beladiri.
Sumber : diambil dari diskusi millis budaya tionghua

Krakatau

Gunung Anak Krakatau  kembali  mengeluarkan lahar dan asap tebal  membuat resah kaum nelayan di perairan Selat Sunda.  Gelombang yang tinggi akibat aktivitas Gunung Krakatau membuat nelayan tidak berani mendekati wilayah sekitar gunung tersebut. Tahun ini adalah untuk yang ketigakalinya aktivitas gunung tersebut meningkat.

  

Sementara lainnya menganggap kejadian tersebut adalah gejala yang normal, bahkan  dengan demikian tidak akan meletus sedahsyat pada tahun 1883 dimasa Gunung Krakatau semakin dewasa dan sebelumnya jarang meletus. Semoga

 

 

 

 

The Art of War

 THE ART OF WAR

SUN TSU

You make war using a deceptive positition

If you deception, then you can move

Using deception, you can move

You can move as quickly as the wind

You can rise like the forest
You can
invade and plunder like fire
You can stay as motionless as a mountain

You can be as
mysterious as a fog

You can strike like sounding thunder

Sun Tzu’s Art of War

According to Sun Tzu

All arts of war should aim at obtaining total control of the enemies as a nation. How ever , force and military might should only be used as a last resort

According to Sun Tzu

There are five dangers for a military leader

1. Death

2. Capture

3. Loss of confidence

4. Corruption

5. Impulse

Zona of War

1. Accessible

2. Difficult

3. Indiferent

4. Restricted

5. Preciptous

6. Extensive

According to Sun Tzu

All arts of war should aim at obtaining total control of the enemies as a nation. However, force and milliatry might should only be used as a last resort. If a war has tobe fought it is best to gain control of the enemies through a total victory. Of cource, it is good to have fewer than more casualties.

According to Sun Tzu

If military might has always to be used to ensure victory, it is not the most desirable. The best and most artful way is to win the enemies over without a war because there are bound to be casualties in a war

The supreme art of war is to triumph over the enemies through intelegent plots and control so that their war strategies are destroyed and they surrender without a war.

The second best scheme in the art is to of war is to isolate the enemies so that so they have no allies. Declaring war is an unfavourable resource and attacking the city of the enemies should be the last resort. An attack requires six months of preparatory work, such as making the weapons and tools for the attack it is also possible that one third of the of the soldiers will be lost before the attack lost before the attack of the city is successfully carried out..This is the risk of a direct attack.

TRUE ECXELLENCE IS TO SUB DUE THE ENEMY WITHOUT FIGHTING

According to Sun Tzu

Warfare is a very important affair of a country because it involves life and death, and survival and extinction.it must, therefore, be seriously considered . Before embarking on it five strategies must be planned :

1. DAO (POLICY)

2. TIAN (TIMING)

3. DI (SITE)

4. JIANG (WARIORS), AND

5. FA (METHOD)

INTELEGENCE NEEDS

Those who don not know the plans of competitors cannot enter capably into prelimeninary negotiations; those who do not know the lay of the land cannot maneuver a militia ; those who do not use local guides cannot gain the advantages of the terrain.

THE SPY (TELIK SANDI)

1. LOCAL SPIES

2. INSIDE SPIES

3. COVERTED SPIES

4. DOOMED SPIES

5. SURVING SPIES

SURPRISE TACTICS

Usualy battle is engaged in a conventional manner but is won by surprise tactics. So those who are good at surprise tactics. So those who are good at surprise maneuvers are endless as sky and earth, inexhaustible as the great rivers, finishing, then starting again, as epitomized by the four seasons.

Sun Tzu’s Art of War

 

 

Syekh Nawawi Al Bantani

PELOPOR GERAKAN INTELEKTUAL ISLAM NUSANTARA

Oleh: Martin Muntadhim S.M.

Kiai Nawawi Banten(1230-1314 H/1813-1897 M) alias Syaikh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani Asy-Syafi’I adalah satu dari tiga ulama Indonesia yang mengajar di Masjid Al-Haram di Makkah Al-Mukarramah pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Dua yang lain ialah muridnya, Ahmad Khatib MInangkabau, dan Kiai Mahfudz Termas (wafat 1919-20 M).

Namanya yang lengkap ialah Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani. Ia dilahirkan di Tanara, serang, Banten, pada tahun 1230 H/ 1813 M. Ayahnya seorang tokoh yang agama yang sangat disegani. Ia masih punya hubungan nasab dengan Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Istrinya yang pertama bernama Nasimah, juga lahir di Tanara. Darinya, Kiai Nawawi dikaruniai tiga putri, Nafisah, Maryam, dan Rubi’ah. Istrinya yang kedua, Hamdanah, memberinya satu putri: Zuhrah. Konon, Hamdanah yang baru berusia berlasan tahun dinikahi sang kiai pada saat usianya kian mendekati seabad. Pada usia 15 tahun, Nawawi muda pergi belajar ke Tanah Suci Makkah, karena saat itu Indonesia –yang namanya masih Hindia Belanda- dijajah oleh Belanda, yang membatasi kegiatan pendidikan di Nusantara. Beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Indonesia untuk menyalurkan ilmunya kepada masyarakat.

Lanjutkan membaca “Syekh Nawawi Al Bantani”

Padhastrian Ilmu

JALAN KE ARAH SYEIKH NAWAWI

Oleh Wan Anwar

Ikan-ikan di laut akan memohonkan ampunan
bagi orang yang mau berjalan
menuju orang alim (guru) untuk belajar.

Hidup itu pilihan, dan pilihan adalah kesadaran. Manakala sebuah jalan ditetapkan sebagai pilihan, jalan-jalan lain niscaya ditinggalkan. Ilmu mantik (logika) mengajarkan kepada kita: tak mungkin satu wujud (katakanlah seseorang) berada di beberapa tempat (jalan) pada waktu bersamaan. Seperti jalan kebenaran dan kebatilan, tak mungkin keduanya ditempuh bersamaan.

Lanjutkan membaca “Padhastrian Ilmu”

Figur Ulama Besar

KIAINYA PARA KIAI TERKEMUKA DI INDONESIA

Oleh Ahmad Rofi’ Usmani

Serang, Banten, Ahad 2 September 2007.

Selepas menginap semalam di Wisma Puspitek, Serpong, saya dan istri bersama tiga saudara ipar, pada siang hari itu meluncur ke Desa Ciloang, Serang. Tujuan kami adalah untuk bersilaturahmi dengan Mas Gola Gong yang telah mendirikan Pustakaloka “Rumah Dunia” bersama beberapa temannya: Tias Tatanka, Rys Revolta (alm.), dan Toto ST Radik (lihat websitenya: http://www.rumahdunia.net). Ketika menjelang berpamitan, Mas Gong bercerita, salah satu ruang di pustakaloka tersebut sedang disiapkan sebagai ruang khusus yang berkaitan dengan Syeikh Nawawi Al-Bantani: seorang ulama besar yang bertaraf internasional asal Serang, Banten. Mendengar cerita Mas Gong tersebut, segera dalam benak muncul ide untuk mencari tahu lebih jauh tentang ulama yang namanya mampu tinggi menjulang di kawasan Timur Tengah ini.

Lanjutkan membaca “Figur Ulama Besar”

Kyai Betawi

Kisah Ulama-ulama Betawi

Melaksanakan ibadah haji saat ini — dengan pesawat udara — hanya perlu waktu 10 jam. Tidak demikian ketika perjalanan masih menggunakan kapal layar. Perlu waktu berbulan-bulan, mungkin lebih setahun, dengan berbagai resiko selama pelayaran.
Lanjutkan membaca “Kyai Betawi”

Ikon Ilmu

19 Agustus 2007 (Diposting dari : Rumah Dunia)
NAWAWI JADI IKON KEILMUAN DI BANTEN
Oleh Gola Gong

“Keranda Merah Putih”, 15 – 26 Agustus 2007 yang digagas Rumah Dunia, Forum Kesenian Banten, dan Komunitas Perupa Banten tidak hanya menampilkan pameran lukisan, pertunjukan teater, pembacaan puisi, bimbingan melukis untuk guru dan murid, serta lomba melukis tingkat SD saja, tapi juga dua tuntutan penting, yaitu Taman Budaya Banten/gedung Kesenian dan Perpustakaan segera dibangun. Itu terus mengerucut dalam menu disuksi-diskusinya.

Lanjutkan membaca “Ikon Ilmu”

Simbol Perlawanan

15 September 2007 (Diposting dari: Rumah Dunia)
SYEKH NAWAWI SEBAGAI SIMBOL PERLAWANAN
Oleh Aji Setiakarya

Nama Syekh Nawawi dilingkungan pesantren salafi tentu tidak bisa diragukan lagi keterkenalannya. Itu disebabkan karya-karya beliau banyak digunakan di pesantren. Sebut saja misalnya Syarah Al-Jurummiyah yang isinya tentang tatabahasa Arab, yang terbit tahun 1881 di Mekkah. Kitab ini menjadi kitab dasar bagi para santri yang masuk pesantren salafi. Selain Sarah Al-Jurumiyah ada pula Fathul Mujib, yang isinya uraian tentang lima bagian-bagian penting daripada hukum Islam dan lima rukun Islam.

Lanjutkan membaca “Simbol Perlawanan”

Mencari Syekh Nawawi

31 Agustus 2007 – 03:39 (Diposting dari : Rumah Dunia)

YANG MENCARI SYEKH NAWAWI

Oleh: Ibnu Adam Aviciena

Suatu hari aku bertemu dengan seorang yang ingin sekali bertemu dengan Syekh Nawawi al-Bantani. Ia, Chaidar, bertutur kepadaku bagaimana keinginan kuatnya itu mempertemukan dirinya dengan Syekh Nawawi di Ma’la, Mekkah, Arab. “Hatiku bergolak selalu, seolah-olah berteriak: Kyai Nawawi! Kalau tuan bersedia menerima kedatangannku, aku pasti mampu tiba di hadapanmu, Insya Allah. Sebaliknya, bila mana aku gagal berusaha berangkat ke Mekkah, kuartikan tuan tidak rela aku datang kepadamu. Dan dengan ini terimalah salam perkenalanku dari jauh, berupa bacaan Surat Alfatihah untukmu semata-mata.”

Lanjutkan membaca “Mencari Syekh Nawawi”

Avatar …

Avatar (manusia dewa) adalah trendsetter film animasi yang kini sedang digemari semua lapisan umur di sebuah stasiun televisi swasta (Global TV). Film itu sangat luarbiasa dalam hal naskah cerita, soundtrack dan aransemen musik, serta teknik animasi yang bagus sekali. Tidak heran, banyak ditunggu oleh pemirsa dan penikmat film tersebut hingga mulai menggeser acara lainnya, serta menggoda untuk menontonnya termasuk saya.  

Jika melihat tokoh dan jalannya cerita sangat dekat sekali dengan sosial budaya timur, dimana dalam film tersebut mengambil cerita legenda dari berbagai negara, terutama mainstream legenda dari India (Kresna dijamannya penjelmaan dari Dewa Wisnu), Nepal, Tibet (kepercayaan akan adanya reinkarnasi), filosofi 5 unsur  kekuatan semesta dan manusia; air, udara, tanah, api, kayu, (dikenal sejak masa ribuan tahun lalu di Mesir, China,India),  meditasi, tenaga dalam, dan keahlian seni bela diri dari kebudayaan timur. Filosofi yang disampaikan juga sangat menarik dan bagus buat anak-anak, kejujuran dan kepolosan juga ketekunan dan keyakinan membela kebenaran.

Avatar dalam bahasa India, Tibet, dan Nepal  adalah manusia dewa, tokoh cerita digambarkan memiliki bentuk dan kostum, serta pola perilaku kolaborasi budaya campuran daerah Tibet, Nepal, Jepang, China, dan Korea. Sedangkan soundtrack film terdengar jelas sekali mirip dengan bunyi suara tarian Kecak dari Bali dengan kombinasi music kungfu China. Aransemen music sepanjang film, timur banget, dominan dengan suara suling, kendang, dan sedikit modern, imajinasi pikiran kita seperti diajak mengembara ke lembah-lembah pegunungan dan padang savana.

Di Indonesia film animasi masih belum berkembang seperti dinegara lain, tetapi sesungguhnya kaya akan cerita legenda maupun hasil rekaan komik yang cukup bagus. Sebut saja misalnya, Anglingdarma,  Si Buta Dari Gua Hantu, Mandala Dari Sungai Ular, Jaka Sembung dsb.

Sayang sekali jika khasanah kita kurang tergali dengan baik, dimana hasilnya merupakan eksplorasi bagian dari kebudayaan kita. Kita semua menunggu para pembuat film animasi di Indonesia memiliki kreativitas yang tinggi seperti mereka. Semoga.

Kebenaran Salakanagara

Kebenaran Salakanagara

Sore hari yang cerah bersama dengan Kepala BP 3 S (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang) Imam Sunaryo dikantornya, saya melakukan wawancara dan diskusi singkat mengenai kebenaran Kerajaan Salakanagara.  Sedikit informasi tentang BP3 S yang berkantor di jalan Letnan Djidun Serang  ini, memiliki wilayah kerja yang sangat luas yaitu Banten, Jawa-Barat, DKI Jakarta, dan Lampung.

Lanjutkan membaca “Kebenaran Salakanagara”

Lagu Rakyat

Lagu – lagu rakyat Banten khas daerah utara yang dulu dimainkan pada acara tertentu, misalnya terang bulan, kini dikumandangkan kembali oleh seorang penyanyi pengamen jalanan yang bernama Toton Greentoel.   Bagus dan menarik sekali, unik, asing,lucu,  merdu, juga renyah didengarkan. Sumbangan yang diberikan Toton Greentoel luarbiasa bagi kita semua, berjasa besar memelihara dan mewariskan  (enkulturasi) khasanah tradisi lagu-lagu rakyat yang tadinya sudah dianggap telah hilang.

Sayangnya perhatian dari kita semua kurang terhadap lagu-lagu rakyat kita sendiri. Berbeda dengan daerah lainnya seperti Padang, Jawa Tengah, Jawa Timur,Jawa-Barat, dsb.  lagu-lagu rakyat itu telah menjadi ciri dan entititas maskot kebanggaan daerahnya. 

Semoga ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua. Setidaknya Toton sering diundang dalam acara resmi pemerintah maupun tidak resmi masyarakat.

Soul and Mind

Tiga hari lalu aku benar-benar menghabiskan waktu menonton TV dikamar atas, terutama acaranya Trans 7. Acara yang disuguhkan tengah malam tersebut, sangat menarik sekali disamping kemudian acara Empat Matanya Tukul Arwana. Acara kemarin adalah Chris Angel  seorang maestro spiritual  jalanan di Amerika Serikat yang memperoleh bakat supranatural sejak dari kecil,   sedikit banyak menggoda belajar  menerjuni spiritism dari  kekuatan pikiran, semacam telepati, hipnotis atau telekinetic sebagai cabang dari teori ilmu parapsikologinya Freud.

Lanjutkan membaca “Soul and Mind”

Banten Purba Carita

MEGALITIKUM DI BANTEN SELATAN

Situs SangHyang Dengdek dan SangHyang Heuleut

Situs ini ditemukan disekitar lereng Gunung Pulosari daerah Pandeglang. SangHyang Heuleut merupakan menhir yang ditemukan di daaerah sanghyang dengdek Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang. Di dekat sanghyang heuleut terdapat arca perwujudan nenek moyang yang disebut SangHyang Dengdek. Konon menurut cerita masyarakat setempat, sanghyang dengdek dan sanghyang heuleut adalah sepasang suami istri dari nenek moyang mereka. Sanghyang Dengdek ”SangHyang Dengdek” atau yang mempunyai nama “ Prabu Jayasati Wisesa” adalah arca laki-laki dan sanghyang heuleut atau “Mas Ratu Lenglang Jagad” adalah arca perempuannya.

Lanjutkan membaca “Banten Purba Carita”

Mutiara Banten

MAKALAH ANTROPOLOGI

RUDAT, MUTIARA BUDAYA YANG TERSEMBUNYI

Disusun Oleh :

  1. Ade Yusnita,
  2. Izzati Ainun Khairina
  3. Ratu Yulya Chaerani
  4. Siti Irma
  5. Tritama Chaerani

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah S.W.T karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang seni tradisional Rudat Banten. Makalah ini mengupas kesenian tradisional Rudat di Banten yang hampir terlupakan. Dalam pembuatan makalah ini kami mulai memahami bahwa menggali kembali mutiara budaya khas Banten akan membuat kita merasa kagum terhadap warisan-warisan budaya yang ada di sekitar kita.Kami berharap melalui makalah ini kami dapat memberikan sumbangsih berupa pengetahuan mengenai seni tradisional Banten yang mulai terlupakan. Namun, kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih terdapat keterbatasan. Untuk itu kami memohon maaf atas segala keterbatasan kami dan mengharapkan kritik yang membangun dari pembaca.

Lanjutkan membaca “Mutiara Banten”

Eksotisme Salakanagara

Hasil Penelitian Kerajaan Salakanagara

O l e h :

Dani Prayudhi, Maslim Lesmana, Nurhaedi,

Renny .Y. Adystiani, Vinchentia RH

SALAKANAGARA

Pandeglang menyuguhkan banyak sejarah yang sangat menarik untuk di teliti. Salah satunya sejarah Kerajaan Salakanagara. Cihunjuran, Citaman, Pulosari dan Ujung Kulon merupakan tempat-tempat yang menyimpan banyak situs tentang Salakanagara. Di Cihunjuran misalnya, di tengah hamparan pesawahan terdapat beberapa batu-batu purba serta kolam-kolam pemandian purba tepatnya zaman Megalitikum.

Lanjutkan membaca “Eksotisme Salakanagara”

Salakanagara

Asal Muasal

Sejarah menurut G.R. Elton dan Henry Pirenne berdasarkan studi displin ilmu yang bersumber pada ; 1.Filologi (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa pada naskah-naskah kuno; daun lontar, daluwang, kertas).2. Epigraf (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa kuno pada batu, kayu, logam, dikenal sebagai prasasti), 3.Arkeologi (ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah/artefak).

Lanjutkan membaca “Salakanagara”

Orang Kalang dan Suku Bajang

Setelah Syeh Siti Jenar dihukum mati, konon menurut cerita para pengikut Syeh Siti Jenar dipelihara kembali oleh para wali dan pewaris tahta Demak, Pajang, dan Mataram. Mereka dikenal dan disebut sebagai orang Kalang dan Suku Bajang.

Orang Kalang itu umumnya memiliki raut muka dan tubuh yang aneh diluar kelajiman manusia.Mereka bertugas mengiringi para raja ketika upacara religi dan ritus  yang digelar oleh keraton. Hingga saat ini upacara yang mengikutkan sertakan  orang Kalang ini masih sering dilaksanakan adat Keraton Mataram, sebagai satu simbol kepedulian orang keraton terhadap mereka, bahkan merupakan pusaka keraton yang mesti dipelihara.

Sedangkan orang Bajang adalah kelompok kecil masyarakat terpencil yang hidup tersembunyi, dan bertugas menggiring kemana arah angin politik dan kekuasaan berlabuh dengan cara yang aneh pada saat yang gawat. Mereka adalah orang-orang yang sulit ditemui dan jarang sekali ikut bersentuhan dengan kekuasaan.

Simbol makna yang tersirat dari kedua kelompok itu adalah bahwa keberadaan mereka tidaklah diremehkan, tetapi dihargai, bahkan dianggap memiliki kelebihan tertentu diluar keumuman manusia.

Sartono Kartodirdjo

 Mengenang Prof A Sartono Kartodirdjo 

M Nursam  

Sudah sejak setahun terakhir kondisi kesehatan Prof Dr Aloysius Sartono Kartodirdjo kian menurun. Akhirnya, pada Jumat, 7 Desember 2007, pukul 00.45 WIB, guru utama Sejarawan Indonesia itu menghembuskan napas terakhir. Bangsa Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Sepanjang usianya yang hampir 87 tahun, Prof Sartono tidak saja memberi contoh di wilayah publik sebagai guru utama Sejarawan Indonesia, tetapi juga memberi teladan dan inspirasi dari sosok pribadinya: memilih hidup asketis.

Generasi Awal 

Sartono merupakan wakil pertama generasi baru sejarawan Indonesia yang menerapkan metode penelitian modern pada lapangan studi sejarah.Puluhan buku dan ratusan artikel telah lahir dari tangannya. Kariernya sebagai sejarawan bermula ketika pada tahun 1950, ia memilihmelanjutkan studi di Jurusan Sejarah UI dan menyelesaikannya enamtahun kemudian, 1956. Sepuluh tahun kemudian, 1966, ia mendapat gelar Doktor di Universitas Amsterdam dengan disertasi, “The Peasants’Revolt of Banten in 1888, It’s Conditions, Course and Sequel: A CaseStudy of Sosial Movements in Indonesia”.

Disertasi ini menjadi batu loncatan dalam studi sejarah Indonesia. Menurutnya, penulisan disertasinya didorong oleh hasrat melancarkan protes terhadap penulisan sejarah Indonesia yang konvensional dan Neerlandosentris. Dengan menggunakan social scientific approach, Sartono memberikan cahaya terang dalam perkembangan dan arah historiografi Indonesia-sentris. Petani atau orang-orang kecil yang dalam sejarah konvensional menjadi non-faktor, dalam karya Sartono menjadi aktor sejarah. 

Berbuah Sekali Lalu Mati 

Pada ulang tahunnya yang ke-80, tahun 2001, Sartono masih menerbitkan buku berjudul Indonesian Historiography. Apa yang ingin diperlihatkanSartono adalah usia bukan alasan untuk berhenti berkarya. Kerja seorang ilmuwan adalah kerja tanda henti. Dalam setiap kesempatan, ia selalu mengingatkan siapa pun, khususnyakepada murid-muridnya, bahwa ilmuwan “jangan seperti pohon pisang,yang hanya berbuah sekali kemudian mati.” Menurut Sartono, apa yang dihasilkan adalah buah dari asketisme yangdihayatinya secara terus-menerus; ketekunan, ketelitian, ketuntasan,serta kesempurnaan teknis. Ia menjalani apa yang dalam Wedatama disebut mesu budi. Bau kertas arsip atau buku kuno akan merangsang semangatnya untuk bergulat tanpa henti. Baginya, identitas seorang profesional memuat secara inheren suatu keahlian, keterampilan, pengetahuan teknis, otonom, dan memiliki integritas tinggi. 

Sikap Asketis 

Dalam berbagai kesempatan, Sartono selalu mengingatkan bahwa sikapasketis menjadi esensi dari keahlian seorang profesional. Sebagaisejarawan generasi pertama, Sartono telah menghasilkan banyak muridyang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Murid-muridnya itulahyang menjadi benang penyambung ide dan gagasan Sartono. Di tingkat global, jaringannya tidak diragukan lagi. Berbagai penghargaan dari berbagai universitas dan lembaga internasional telah didapatkannya. Salah seorang koleganya, Joseph Fischer, dari University of California, mengatakan, “Bagi saya, Pak Sartono merupakan kombinasidari tokoh Arjuna, Gatotkaca, dan Semar. Arjuna karena kehalusan sikapnya. Gatotkaca karena kejujurannya, dan Semar karena kearifannya.Pak Sartono benar-benar seorang cendekiawan profesional dan seorang guru yang baik.” 

Budaya Abangan 

Sartono dilahirkan pada tengah malam di Wonogiri, 15 Februari 1921,dari pasangan Tjitrosarojo dan Sutiya sebagai anak bungsu dari tigabersaudara kandung. Sebagai manusia Jawa, Sartono dibesarkan dalamruang sosial budaya abangan. Ruang inilah yang paling awal membentukpandangan dunianya. Melalui dunia pendidikan formal yang dijalaninya—HIS, MULO, HIK—iamenyerap nilai budaya Barat. Di HIK Muntilan, selain menyerap budayaBarat secara lebih intensif, Sartono juga menyerap nilai-nilai dan ajaran Kristiani. Selama di HIK, nilai Kristiani semakin membentuk kepribadian Sartono karena ia mendapat pendidikan khusus sebagai (calon) bruder. Meski akhirnya memilih karier sebagai guru, nilai-nilai yang diajarkan selama di HIK tetap menjadi pemandu dalam perjalanan hidupnya. Endapan pengalaman Sartono yang demikian beragam dan multidimensi menjadi batu-batu dalam perjalanan hidupnya, baik sebagai sejarawan maupun sebagai manusia biasa.

Ketetapan Hati 

Sebagai manusia biasa, ia pernah mengalami berbagai keraguan dan kebimbangan dalam hidupnya, baik saat merintis karier maupun mempertahankan integritasnya sebagai sejarawan. Dalam kondisi demikian, menurut Sartono, dibutuhkan ketetapan hati berdasarkan keyakinan bahwa “setiap usaha membawa pahalanya sendiri”. Pada titik-titik kisar seperti itu, peran istrinya, Sri Kadaryati,yang dinikahinya 60 tahun silam, memiliki peran besar. Bagi Sartono, dalam pembangunan bangsa, sejarawan memberi sumbangandalam merekonstruksi sejarah nasional sebagai lambang identitas nasional.

Fungsionalisasi pelajaran sejarah dapat merevitalisasi nasionalisme pada generasi muda sehingga dapat dijiwai lagi etos nasionalismenya. Dengan demikian, generasi baru dengan spirit baru dapat menghadapi tantangan masa depan dengan menengok ke belakang sesuai semboyan bahwa melupakan sejarah berarti menutup pintu bagi masa depan. Hidup dan karya Prof A Sartono Kartodirdjo telah diabdikan untuk“membuka pintu bagi masa depan”. Untuk Sang Teladan: Selamat jalan kepangkuan-Nya dengan damai!  

M Nursam Alumnus Ilmu Sejarah UGM; Penulis Buku Biografi Sartono Kartodirdjo yang sedang dalam Proses Penerbitan, Tinggal di Yogyakarta. Sumber: Kompas 8 Desember 2007

Ok

Kata, “Ok”, berasal dari bahasa Indian Kuno yang diadopsi menjadi kosa kata kaum Yankes, pendatang imigran dari Inggris yang datang ke benua Amerika menyebar hingga keseluruh dunia. Sisi lainnya yaitu mithos suku Indian dan orang pedalaman lainnya, menarik untuk dibahas. Berbicara tentang keterasingan, marginalisasi, kekalahan,  kegagalan orang pribumi dari kaum pendatang. Akses sumber daya ekonomi, politik, sosial budaya, lingkungan, dsb.

Balada orang pedalaman adalah spirit perjuangan orang lokal lainnya. Termasuk di Indonesia, suku pedalaman umumnya mereka mengalami kekalahan. Saya sangat bersimpati untuk masalah ini.

Banyak film bagus bertema hal senada diatas, dengan sangat kuat memaparkan realitas kebudayaan lokal tersebut, diantaranya, Brave Hearts, The Last Samurai, The Legends Of The Fall, Dances With Wolfes,  dll.