Kiamat Tahun 2012 Kalender Bangsa Maya

Kiamat 2012 Sudah Dekat ??

Film 2012 Doomdays  yang menghebohkan itu kini diputar dibanyak bioskop dengan mengambil inspirasi dari kisah mithologi kalender suku bangsa Maya yang memprediksi tahun 2012 akan terjadi Kiamat. Saya sudah dapat menduga bahwa kisah itu sangat menarik. Tahun 2008 lalu  saya mengkoleksi cerita mithologi tersebut, hingga hari ini berbagai komentar masuk (lebih dari 100 orang) sangat menarik dengan berbagai pendapat. Silahkan klik https://teguhimanprasetya.wordpress.com/2008/09/05/ramalan-bangsa-maya/

Perhitungan Maya Calendar dari 3113 SM sampai 2012 M), Bangsa Maya menyatakan pada tahun 2012, tepatnya tanggal 21 Desember 2012, merupakan “End of Times”. maksud dari “End of Times” itu sendiri masih diperdebatkan oleh para ilmuwan, dan arkeolog.

Sebagai manusia yang beriman tentu kita lebih percaya pada agama kita. Banyak tanda dari Kitab Suci  yang mestinya lebih kita yakini mengenai apa dan bagaimana Hari Kiamat akan terjadi. Mengenai waktu tak ada  tahu kecuali Allah SWT., sebagaimana dalam firman Allah dalam surat Al Araaf :187.

Manusia barangkali hanya memprediksi terjadinya bencana kiamat tersebut dengan dasar ilmiah. Saya sendiri tidak meyakini kiamat datang tahun 2012, yang ada barangkali hanya bencana badai matahari.  Sebagai perbandingan end of times dari sebuah blog yang saya dapatkan (maaf terlalu futuristic dan visioner). End of Times  adalah  :

  • Berhentinya waktu (bumi berhenti berputar)
  • Peralihan dari Zaman Pisces ke Aquarius
  • Peralihan dari Abad Silver ke Abad keemasan
  • End of Times = End of the World as we know it
  • Akan ada sebuah galactic Wave yang besar, yang memberhentikan semua kegiatan di muka bumi ini, termasuk kemusnahan manusia
  • Perubahan dari dimensi 3 ke dimensi 4, bahkan 5
  • Kehidupan manusia meningkat dari level dimensi 3, ke 4, DNA manusia meningkat dari strain 2 ke 12, sehingga manusia dapat menggunakan telepati bahkan telekinesis
  • Ada yang menyatakan tidak akan terjadi apa-apa
  • Ada yang menyatakan waktu sudah tidak akan berlaku, jadi waktu tidak linear, tetapi bisa berubah2, sesuai dengan waktu yang kita alami, karena ditemukannya mesin waktu
  • Ditemukannya mesin waktu dan stargate
  • Manusia sudah dapat melakukan transportasi ke galaxi lain, melalui Star Gate
  • Bangkitnya messiah, yang akan menyelamatkan manusia dari kehancuran
  • Kebangkitan Isa AS / Jesus
  • First Contact pertama kali peradaban manusia dengan Alien/UFO
  • Manusia bergabung dengan komunitas antar galaxi pertama kali, manusia = galaxy being.

Sedangkan Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah Badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.

Mengenai dasar perhitungan bangsa Maya ini sebetulnya di dukung oleh berbagai sumber. Seperti ramalan bangsa Maya kuno (juga suku Hopi, Mesir Kuno, dan beberapa suku kuno lainnya) di dalam perhitungan kalendernya dengan lengkap menyatakan bahwa tahun 2012 nanti merupakan akhir kehidupan dunia berserta isinya yakni hari Kiamat.

Juga Dalam buku ˜Apocalypse 2012 tulisan Lawrence E.Joseph: 2007, seorang Lebanon yang menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Aerospace Consulting Corporation di New Mexico ini memaparkan dengan sangat jelas dan secara ilmiah tentang kemungkinan terjadinya bencana alam di tahun 2012, atau hari Kiamat 2012.

Bencana itu antara lain: siklus aktivitas matahari yang memuncak di tahun 2012 yang menyebabkan panas yang luar biasa di bumi, terlebih atmosfer kita sudah mengalami penipisan dan bolong di beberapa bagian sehingga selain memanaskan bumi dengan radikal juga melelehkan es di kutub dan juga menimbulkan badai serta topan yang dahsyat.

Namun jawaban yang pasti tentang datangnya hari Kiamat (yang pasti akan datang) pada tahun 2012, hanyalah ALLAH SWT saja Yang Mengetahuinya. Dan sebagai seorang Muslim tidak ada yang abadi di dunia ini, semua pasti akan berakhir, oleh karenanya untuk menyadarkan saya dan umat Islam semua agar kembali hidup sesuai tuntunan ALLAH SWT agar selamat baik di dunia ini dan akhirat kelak.

Kiamat Hanya Allah SWT yang tahu

Di dalam Qur’an Surat Al-A’raf ayat 187 Allah berfirman yang artinya:

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Kapankah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui”.

Dalam Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 63:

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.

Dan dalam Surat Luqman ayat 34:

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok*. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

*Maksudnya: manusia itu tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakannya besok atau yang akan diperolehnya, Namun demikian mereka diwajibkan berusaha.

Di dalam 3 ayat tersebut sudah begitu gamblang dan jelasnya bahwa manusia tiada mengerti dan pengetahuan kiamat itu atas ijin Allah SWT.

Tanda-Tanda Kiamat

Hudzaifah bin As-yad al-Ghifary berkata, sewaktu kami sedang berbincang, tiba-tiba datang Nabi Muhammad s.a.w. kepada kami lalu bertanya, “Apakah yang kamu semua sedang bincangkan.?”Lalu kami menjawab, “Kami sedang membincangkan tentang hari Kiamat.” Sabda Rasulullah s.a.w. “Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda :-

Asap

Dajjal

Binatang melata di bumi

Terbitnya matahari sebelah barat

Datangnya Imam Mahdi

Turunnya Nabi Isa a.s.

Keluarnya Yajud dan Majud

Gerhana di timur

Gerhana di barat

Gerhana di jazirah Arab

Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia

ke tempat pengiringan mereka.

Dajjal maksudnya ialah bahaya besar yang tidak ada bahaya sepertinya sejak Nabi Adam a.s. sampai hari kiamat. Dajjal boleh membuat apa sahaja perkara-perkara yang luar biasa. Dia akan mendakwa dirinya Tuhan, sebelah matanya buta dan di antara kedua matanya tertulis perkataan ‘Ini adalah orang kafir’.

Asap akan memenuhi timur dan barat, ia akan berlaku selama 40 hari. Apabila orang yang beriman terkena asap itu, ia akan bersin seperti terkena selsema, sementara orang kafir pula keadaannya seperti orang mabuk, asap akan keluar dari hidung, telinga dan dubur mereka.

Binatang melata yang dikenali sebagai Dabatul Ard ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, ia akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas. Dabatul Ard ini akan membawa tongkat Nabi Musa a.s.dan cincin Nabi Sulaiman a.s. Apabila binatang ini memukulkan tongkatnya ke dahi orang yang beriman, maka akan tertulislah di dahi orang itu ‘Ini adalah orang yang beriman’. Apabila tongkat itu dipukul ke dahi orang yang kafir, maka akan tertulislah ‘Ini adalah orang kafir’.

Turunnya Nabi Isa. a.s. di negeri Syam di menara putih, beliau akan membunuh dajjal. Kemudian Nabi Isa a.s. akan menjalankan syariat Nabi Muhammad s.a.w.

Yajuj dan Majuj pula akan keluar, mereka ini merupakan dua golongan. Satu golongan kecil dan satu lagi golongan besar. Yajuj dan Majuj itu kini berada di belakang bendungan yang dibangunkan oleh Iskandar Zulqarnain. Apabila keluarnya mereka ini, bilangannya tidak terhitung banyaknya, sehingga kalau air laut Thahatiah diminum niscaya tidak akan tinggal walau pun setitik.

Nabi Muhammad s.a.w. telah bersabda, ” Hari kiamat itu mempunyai tanda, bermulanya dengan tidak laris jualan di pasar, sedikit  hujan dan begitu juga dengan tumbuh-tumbuhan. Ghibah menjadi-jadi di merata-rata, memakan riba, banyaknya anak-anak zina, orang kaya diagung-agungkan, orang-orang fasik akan bersuara lantang di masjid, para ahli mungkar lebih banyak menonjol dari ahli haq”

Berkata Ali bin Abi Talib, Akan datang di suatu masa di mana Islam itu hanya akan tinggal namanya saja, agama hanya bentuk saja, Al-Quran hanya dijadikan bacaan saja, mereka mendirikan masjid, sedangkan masjid itu sunyi dari zikir menyebut Asma Allah. Orang-orang yang paling buruk pada zaman itu ialah para ulama, dari mereka akan timbul fitnah dan fitnah itu akan kembali kepada mereka juga. Dan kesemua yang tersebut adalah tanda-tanda hari kiamat.”

Sabda Nabi Muhammad s.a.w., “Apabila harta orang kafir yang dihalalkan tanpa perang yang dijadikan pembagian bergilir, amanat dijadikan seperti harta rampasan, zakat dijadikan seperti pinjaman, belajar lain daripada agama, orang lelaki taat kepada isterinya, mendurhakai ibunya, lebih rapat dengan teman dan menjauhkan ayahnya, suara-suara lantang dalam masjid, pemimpin kaum dipilih dari orang yang fasik, orang dimuliakan kerana ditakuti akan tindakan jahat dan aniayanya dan bukan karena takut pada Allah, maka kesemua itu adalah tanda-tanda kiamat.”

Semoga dengan keterangan yang sedikit lengkap ini dapat meneguhkan keimanan kita

wassalam

Dari berbagai sumber

Download Film Doomsday 2012

Bagi penikmat film fiksi (khayal) diorama jika terjadi bencana 2012 (saya menyebutnya bencana yang diprediksi oleh kalender astronomi bangsa Maya)

Silahkan download dibawah ini.

http://fileshunt.com/rapidshare.php?file=free+download+film+doomday+2012

http://www.allmovia.com/mov/2012_doomsday/

http://rapid4me.com/?q=film+2012+end+of+world

http://www.filmofilia.com/2009/06/18/2012-trailer-is-great/

http://rapidshare-catalog.com/download/download+movie+2012+mediafire.com.html

http://rapidsoft-mega.net/2009/03/14/2012-doomsday-2008.html

Sinopsis Film Doomsday 2012

Pada tanggal 21 Desember 2012 empat orang asing dalam perjalanan iman tertarik ke kuil kuno di jantung kota Meksiko. Bagi bangsa Maya ini adalah rekaman akhir hari. Bagi para ilmuwan NASA itu merupakan bencana besar pergeseran kutub. Selama sisa kita, itu adalah Hari Kiamat.

Film diawali dengan adegan yang berlokasi di India. Seorang ilmuwan setempat, Dr Satnam Tsurutani (Jimi Mistry), menemukan fakta bahwa inti dari kulit bumi mengalami kenaikan suhu karena efek yang diakibatkan oleh sebuah ledakan besar di permukaan matahari (sun flare).

Menurut perhitungan para ahli, dampak ledakan itu membuat gerakan pada inti bumi. Akibatnya, lempeng bumi yang selama ini menopang daratan di bumi bakal patah dan akan mengakibatkan gempa bumi yang sangat dahsyat.

Atas dasar perhitungan itulah, Dr Adrian Helmsley (Chiwetel Ejiofor), sahabat Dr Satnam, membuat laporan ke Gedung Putih bahwa kiamat akan tiba. Adrian bertemu kepala staf presiden, Carl Anheuser (Oliver Platt). Carl yang semula meremehkan temuan bumi terus memanas itu langsung terkejut dan merespons.

Temuan tersebut kemudian dibawa ke pertemuan negara-negara G8 di tahun 2010. Dalam kesempatan itu, Presiden Amerika Serikat Thomas Wilson (Danny Glover) menyampaikan kepada para petinggi dunia bahwa bumi akan dilanda musibah besar terkait inti bumi yang terus memanas.

Sejak itu dimulailah sebuah rencana besar. Semua negara sepakat memilih China sebagai tempat untuk membuat sejumlah bahtera besar, barangkali mirip bahtera Nabi Nuh, yang tak lain akan digunakan saat bencana besar tiba.

Sementara itu, diceritakan kisah lain tentang kehidupan seorang penulis buku berjudul Farewell Atlantis, Jackson Curtis (John Cusack). Ia datang ke rumah mantan istrinya, Kate Curtis (Amanda Peet), untuk menjemput anak mereka, Noah (Liam James) dan Lily (Morgan Lily), berkemah.

Dengan limusin, mereka tiba di lokasi perkemahan Yellowstone. Namun, setibanya di sana ada tanda larangan masuk menuju danau Yellowstone. Curtis dan kedua anaknya nekat menerobos larangan itu. Di sana mereka kaget karena danau tersebut lenyap karena pemanasan bumi.

Saat berkemah, Curtis bertemu Charlie Frost (Woody Harrelson), seorang penyiar radio yang berpenampilan seperti orang gila. Charlie memberitahu bahwa bumi akan segera dilanda bencana dahsyat. Lewat Charlie juga Curtis tahu bahwa Charlie punya peta lokasi pesawat yang bisa menyelamatkan manusia dari bencana itu.

Curtis pun terpaksa pulang lebih cepat, ketika mantan istrinya meminta agar anak-anak segera kembali. Kate sedikit trauma karena ia baru saja mengalami gempa. Setelah anak-anak kembali ke rumah ibunya, Curtis kembali bertugas mengantar anak kembar bosnya, Yuri Karpov (Zlatko Buric).

Sewa pesawat

Curtis mulai memercayai omongan Charlie tentang kiamat saat dia menyaksikan jalan di bandara terbelah karena gempa. Curtis lalu berinisiatif menyewa pesawat dan seorang pilot untuk menyelamatkan keluarganya dengan bayaran jam tangan mahal miliknya.

Dari sini ketegangan pun dimulai. Kiamat yang diramalkan banyak pihak terjadi, dimulai dari gempa bumi di mana-mana. Curtis pun ngebut ke rumah istrinya untuk menjemput Kate dan anak-anaknya.

Setelah berhasil menyelamatkan keluarganya plus pacar Kate, Gordon Silberman (Tom McCarthy), Curtis segera memacu limusinnya ke bandara. Penonton diajak menahan napas melihat mobil mewah itu meliuk-liuk menghindari gedung-gedung yang runtuh serta jalanan yang menganga karena gempa dahsyat.

Rombongan ini pun tiba di bandara. Namun sial, pilot yang disewa Curtis tewas. Akhirnya, Gordon yang pernah kursus pilot didapuk menjadi pilot dadakan. Berpacu dengan waktu, pesawat itu pun akhirnya bisa mengudara. Dari dalam pesawat mereka melihat bencana yang luar biasa. Semuanya hancur dan luluh lantak.

Di Gedung Putih, Dr Adrian mendapat kabar bahwa kenaikan suhu inti bumi terus naik dengan cepat. Hal ini membuat Adrian terkejut lantaran perkiraannya meleset. Kiamat datang lebih cepat. Pemerintah pun segera melakukan penyelamatan. Sayang, Presiden Thomas menolak dievakuasi ke China. Ia memilih tinggal bersama rakyatnya.

Akhirnya sebuah tsunami setinggi ribuan meter menghantam Gedung Putih dan seisinya. Bahkan saking dahsyatnya, kapal induk John F Kennedy CV-63 pun terpental hingga menghantam Gedung Putih.

Gempa dan tsunami terjadi di seluruh belahan dunia. Bumi mengalami kehancuran total. Diceritakan bahwa kutub selatan dan utara telah bergeser. Semua daratan bergeser sejauh ribuan mil dari lokasi semula.
Dalam bencana itu, hanya sedikit yang bisa selamat, termasuk rombongan pesawat Air Force One yang bergerak ke China, menuju “Bahtera Nuh” dibuat. Ternyata tanpa disangka Curtis dan keluarganya bisa sampai China menggunakan pesawat Antonov yang dipiloti Shasha, anak buah Yuri, dan Gorgon sebagai kopilot.

Rombongan Curtis kemudian ditinggal oleh Yuri dan anak kembarnya karena mereka punya tiket naik ke kapal besar tersebut. Dalam keputusasaannya, Curtis dan keluarga mendapat tumpangan seorang biksu yang ternyata menuju ke bahtera raksasa itu.

Di sini kembali penonton dibuat tegang karena mendadak pintu kapal dibuka. Gordon pun menjadi korban. Tapi saat pintu kapal akan ditutup lagi, sebuah perkakas jatuh dan mengganjal roda penggerak pintu. Mereka yang di dalam kapal panik karena mesin tidak bisa dinyalakan jika pintu masih terbuka. Padahal saat itu, sebuah tsunami setinggi gunung sudah menuju ke arah kapal itu.

Alur Cerita

Kisah film 2012 ini sepintas tak jauh berbeda dengan film soal bencana besar di bumi, seperti The Day After Tomorrow (2004) dan Deep Impact (1998). Hanya, film 2012 lebih hebat dan dahsyat penggambarannya. Efek visualnya terlihat lebih nyata. Ya, ini sebanding dengan ongkos produksi film ini yang mencapai 200 juta dollar AS.

Meski dari sisi efek visual patut diacungi jempol, tidak demikian dengan alur ceritanya. Jika Anda sering nonton film Hollywood, cukup banyak alur atau adegan yang bisa ditebak. Misalnya, saat Curtis terjatuh saat mengambil peta, adegan dibuat seolah Curtis telah mati. Sejurus kemudian muncul jari tangan Curtis dari bibir tebing dan selamatlah Curtis.

Lewat film 2012 ini setidaknya penonton bisa melihat gambaran bagaimana dunia (sedikit) hancur karena kekuatan alam yang amat dahsyat. Mungkin penyebutan kiamat untuk film ini tidak tepat, lantaran masih ada manusia yang selamat.

Mungkin lebih tepat bencana besar, seperti yang terjadi di zaman Nabi Nuh, di mana banjir besar melanda bumi, dan Nuh bisa selamat setelah naik sebuah bahtera berisi semua jenis binatang dan tumbuhan agar bisa melanjutkan hidup pascabencana.

Film ini juga mengandung pesan bahwa semua milik manusia tidak ada yang abadi. Manusia tidak berdaya kala alam mengamuk dengan segala kekuatannya.

Kita juga disadarkan bahwa semua seluruh manusia adalah bersaudara. Saat menghadapi bencana tak ada lagi si kaya dan si miskin, tak ada lagi kelompok agama, suku, dan ras. Namun jika kita baru sadar bahwa manusia adalah bersaudara dengan manusia lain saat bencana tiba, maka rasanya terlalu mahal harga yang dibayarkan.

Film ini memiliki 158 menit atau dua jam lebih sangat panjang dengan pesan moral persaudaraan umat manusia menghadapi bencana tahun 2012.

Pemeran Film

  • John Cusack sebagai Jackson Curtis, penulis buku fiksi ilmiah yang bekerja sampingan sebagai supir limousine.
  • Amanda Peet sebagai Kate, bekas istri Jackson
  • Thandie Newton sebagai Laura Wilson, sebagai anak dari Presiden Wilson
  • Danny Glover sebagai Presiden Wilson, Presiden Amerika Serikat
  • Oliver Platt sebagai Carl Anheuser, Staf Kepresidenan AS
  • Chiwetel Ejiofor sebagai Adrian Helmsey, penasihat Presiden bidang sains
  • Woody Harrelson sebagai Charlie Frost, seseorang yang memprediksikan kiamat dan dianggap gila oleh orang lain. Harrelson membandingkan karakternya kepada figur mitologi Yunani, yaitu Cassandra, yang prediksinya diberhentikan/ dibatalkan
  • Chin Han sebagai Lin Pang, seorang pekerja di Tibet
  • Thomas McCarthy sebagai Gordon, teman lelaki Kate saat ini
  • Liam James sebagai Noah Curtis, putra Jackson dan Kate
  • Morgan Lily sebagai Lilly Curtis, putri Jackson dan Kate

source: http://www.sonypictures.com/movies/2012/

Bookmark and Share

5 responses

  1. mak

    aku x percaya lah.

    Selasa, Juli 6, 2010 pukul 2:28 pm

  2. pa , ni saya anak komunikasi kelas 1A . rizqi nahria f

    Senin, Desember 7, 2009 pukul 5:05 pm

  3. nice blog ! tukeran link yuk …

    Kamis, Desember 3, 2009 pukul 9:48 pm

  4. Memang membutuhkan perenungan yang mendalam untuk bisa memahami film 2012. Saya pribadi mengatakan cerita dalam film itu tidak terlalu menarik, tetapi efek visualnya memang benar-benar mempesona… terutama kalau kita memahami teori-teori yang mendukung cerita film tersebut.
    Salut mas untuk postingannya…

    Senin, November 30, 2009 pukul 3:00 pm

  5. riezka135

    sebuah review yang sangat bagus, tapi cover film “2012 Doomsday” diatas sepertinya salah.. 2012 doomsday itu dirilis tahun 2008, berbeda dgn review film 2012 yang alur ceritanya dibahas diatas.

    Senin, November 30, 2009 pukul 8:46 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s