Situs Thothweb Hilang

ufo1242Kehilangan Situs Thothweb

Hari ini membuka data link sahabat, komunitas, serta memeriksa kembali situs-situs bernilai ternyata ada yang hilang dan kehilangan besar untuk mendapatkan akses gratis. Situs itu adalah situs kebudayaan dan peradaban dunia yang sangat bernilai sekali bagi kita semua.

Situs itu adalah http://www.thothweb.com , saya biasa menaruhnya digaleri budaya dunia sejak dua tahun lalu (sekarang sawung budaya), situs yang berisi kebudayaan dan peradaban dunia tersebut begitu sangat memikat dan disajikan sangat indah dilengkapi pula karya foto jurnalistik dari berbagai dunia serta artikel yang sangat bagus serta teruji, sangat mengagumkan sekali

Setelah dicek kembali di google search ternyata data base thothweb tersebut tersebar di berbagai situs, termasuk data base dokumen seperti scribd.com dll. Akhirnya ketemu juga ternyata ada yang mengkoleksi cukup lengkap, anda dapat akses di situs ini http://www.aboutus.org/ThothWeb.com.

Situs Thothweb mengenai kebudayaan dan peradaban dari seluruh dunia yang berisi masa pra sejarah, sejarah/ancient age, civilizations (peradaban), magic, astrology, criptozoology, ghost, crowley, esp, ufo, divination. dll. Sangat bernilai sekali karena disajikan sangat indah dan lengkap sekali. Tepat bagi anda yang meminati hal tersebut.

Sejak mengenal dunia internet bulan desember akhir tahun 2006-2007 sejak kalah berjudi pada Pilkada Banten, saya termasuk yang sangat tertarik dengan misteri UFO dan menikmati koleksi terlengkap dari situs thothweb.com. Situs itu membuka tabir kehadiran UFO dari masa ke masa, berikut jejak dan misteri yang melingkupinya. Hingga saat ini saya mengkoleksi banyak foto dan artikel dari situs tersebut. Sedangkan lainnya menyukai civilizations dan sejarah, mengenai dunia paranormal dan alam ghaib kurang begitu tertarik.

Sejarah Mesir dan India yang Bersejarah

Situs sejenis yang bernama mirip sama yaitu thotweb.com juga hilang, situs ini berisi data arkeologis dan sejarah serta kebudayaan dan peradaban Mesir Kuno pada masa sejarah dimulai. Situs ini termasuk lengkap dalam menyajikan data base mengenai Mesir Kuno. Data situs tersebut dapat juga anda akses di http://www.aboutus.org/Thotweb.com.

Mengenai masa sejarah Mesir saya memiliki buku ensiklopedia yang sangat lengkap, sangat menarik sekali. Hingga kini kebudayaan Mesir termasuk yang tertua didunia sejak peralihan masa prasejarah yang diperkirakan pada masa 4500 SM. Tinggalan piramida, astronomi, hieroglief (simbol huruf tertua didunia yang diambil dari binatang, manusia, tumbuhan-tumbuhan, dll.,) , begitupula dinasti dan peralihan dinasti, serta peradaban yang telah dibangun pada masa itu.

Buku ensiklopedia kedua yang saya miliki yaitu India yang Bersejarah berisi kebudayaan dan peradaban India dari masa ke masa. Sangat menarik juga dimana pergeseran kebudayaan ditandai dari masa para penguasanya yang memiliki keyakinan berbeda, Hindu, Budha dan Islam. Sinkretisme yang terjadi terjadi memiliki arti yang sangat banyak bagi peradaban di India.

Jika ada waktu saya akan berbagi ilmu untuk anda dengan men-scan gambar-gambar yang menarik dan menarasikan serta mentransformasikan kedua ensiklopedia tersebut.

Cultural Lag dan Local Genius

Tiap masa kebudayaan diberbagai bangsa masih tetap menunjukan kesenjangan kebudayaan atau disebut cultural lag, satu sisi maju yang disebut peradaban, sedangkan satu sisi lainnya menunjukan ketertinggalan.

Hal ini disebabkan oleh sebab yang paling menonjol adalah akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta spiritual hanya dimiliki bagi kalangan yang terbatas (eksklusif) dari dahulu hingga sekarang. Disini letak pentingnya dunia pendidikan baik formal maupun non formal. Budaya baca (literasi) dan tulis mendapat tempat sebagai awal dari pencerahan.

Sementara itu secara ethnografis yang terdiri dari 9 unsur budaya termasuk budaya literasi diatas, beberapa bagian tidak dapat dipukul rata yang tertinggal atau tidak unggul. Biasanya hal tersebut seringkali dialamatkan pada budaya lokal, hingga kemudian dari produk budaya tersebut ada yang dipilih dan disebut dengan Local Genius (kecerdasan/kearifan budaya lokal). Dalam hal local genius kita memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam dan sangat kaya akan khasanah tersebut. Meskipun masa sejarah kalah dengan bangsa Mesir, India, Persia, China, dll., namun puluhan ribuan pulau, keanekaragaman budaya / multikultur dan pluralitas kemajemukan masyarakatnya adalah kekayaan yang mestinya kita pelihara dan kita rawat dengan kebersamaan dan kekompakan, sesuai dengan pasal 32 UUD 45.

Pelajaran Dari Malaysia

Pelajaran dari klaim terhadap beberapa tradisi budaya lokal kita (angklung, reog ponorogo, batik, tari pendet, masakan padang, sate madura) dan Lagu Rasa Sayange serta Terang Bulan, juga klaim terhadap pulau Amabalat, Pulau Jemur, dan Sipidan Ligitan (tahun 2003 kita kalah) yang dilakukan oleh pihak Malaysia, secara historis (sejarah) dan tradisi kultural pada akarnya yang hidup di tengah masyarakat, kita menang dibandingkan mereka, begitupula garis batas ZEE (Zona Ekslusif Ekonomi) Internasional yaitu 12 mill dari pantai.

Namun, kesalahan kita adalah gagal mendaftarkan hak karya cipta tersebut di dunia internasional. Tetapi ini belum terlambat untuk dilakukan karena bukti otentik dan akar tradisi budaya lokal kita sangat kuat. Mereka akan sangat malu jika mempertahankan klaim tersebut, karena sorotan dunia internasional tidak akan tinggal diam membiarkan kecurangan mereka.

Pihak pemerintah juga bukan hanya sekedar mendaftarkan karya bangsa ke Unesco-PBB, dll, tetapi juga harus memiliki tanggung jawab menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap budaya lokal kita baik secara formal maupun non formal. Banyak cara yang dapat dilakukan termasuk diantaranya memperkenalkan ke dunia internasional melalui duta bangsa,pusat-pusat kebudayaan yang didirikan di tiap kedubes diluar negeri, website resmi dan non resmi,  serta ensiklopedia dari berbagai daerah di wilayah Nusantara.

Sedangkan masalah kedaulatan wilayah inipun masih belum terlambat untuk dilakukan oleh para diplomat luar negeri kita, karena kita tidak menyalahi hukum internasional. Saya tidak sepakat dengan sikap-sikap yang reaksioner, mengingat kompleksitas masalah tersebut akan berdampak pada konflik yang berkepanjangan, misalnya perang diantara kedua negara dan perlakukan buruk dan kejam semakin menggila terhadap para TKW/TKI kita di negeri jiran tersebut.

Namun, bukan berarti takut untuk berkonflik dengan mereka, batas wilayah kedaulatan kita harus tetap diperketat dengan sangat keras dari pihak armada Angkatan Laut dan Udara kita. Jika perlu ditembak ditempat, jika mereka melanggar kedaulatan wilayah kita.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s