Situs Cihunjuran Mandalawangi Salakanagara

Hari Minggu yang cerah tanggal 2 Agustus lalu bertandang ke wilayah Mandalawangi menuntaskan ngidam mandi dikolam Anglingdarma. Entah kenapa aku ingin sekali datang ke wilayah dilereng paling bawah Gunung Pulosari Mandalawangi tersebut sejak hari Sabtu lalu. Bahkan terpaksa membatalkan berkunjung ke Bandung memenuhi undangan Mubes UPM Jumpa Unpas Bandung dan rendezvous dengan kawan-kawan lama.

Pemandangan alam yang eksotis dan langka bernuansa sangat purba serta  alami terhampar diwilayah situs yang kecil tersebut. Batu-batu purba ditengah areal persawahan yang masih dapat digarap oleh petani, taman kolam purba yang sangat indah, dolmen, batu ramuan, batu peta, kuburan purba Kyai Jangkung yang sangat panjang, dan kolam pemandian Anglingdarma.

Dengan berkendaraan motor bersama istriku setiba disana aku cukup kaget melihat kondisi wilayah situs yang dekat dengan areal persawahan penduduk dan secuil itu sekarang dikuasai perhutani. Mereka menguasai lahan situs purba yang merupakan wewenang dari BP3S dan memasang tarif karcis tinggi Rp.4000, – bagi pengunjung yang datang.

Saya sedikit sangat kecewa, dan rombongan yang datang terlihat ribut kecil dengan petugas jaga dari perhutani. Tamu yang umumnya datang diklasifikasikan 3 jenis , ada yang sekedar berziarah  (ritus ritual) dan tradisi, refressing sekedar mencari hiburan dengan suasana yang indah, kepentingan ilmu pengetahuan dengan melakukan studi pada situs purba tersebut.  Ketiganya merupakan basis cultural masyarakat.

Dua tahun lalu ketika kami dari Untirta melakukan studi antropologi,  sangat tertarik sekali bila daerah tersebut dikelola dengan basis cultural oleh masyarakat lokal setempat dirawat dan dijaga  serta dimanfaatkan dengan melibatkan Pemkab Pandeglang juga BP3S. Sayang sekali sudah terlambat, begitupula  acara seminar atau semiloka yang  rencananya akan digelar.

Iklan

Satu pemikiran pada “Situs Cihunjuran Mandalawangi Salakanagara

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s