Tragedi Situ Gintung-Cirendeu

Turut Berduka Cita

Tak dikira bendungan tanggul Situ Gintung itu akhirnya jebol dan meluluh lantakan ratusan rumah di daerah Cirendeu Tangerang. Setelah hujan turun sangat deras 3 hari berturut-turut tanpa henti, akhirnya bendungan itu jebol pada pukul 4 subuh dini hari membawa air bah bencana menghadirkan musibah dan duka bagi warga setempat. Tanggul yang dibuat pada jaman Belanda ini tak mampu menahan debit air yang meluap akibat hujan deras yang begitu sangat tinggi. Tanggul tersebut seringkali digunakan pada waktu liburan anak-anak sekolah dengan berbagai kegiatan wisata air, out bond, dan lain-lain. Namun kini tak disangka akhirnya jebol membawa korban dan menghempaskan banyak rumah.

Warga Cirende kini kehilangan sanak saudara, kerabat, teman, dan tetangga dekat. Korban yang tewas hingga hari ini diduga tercatat 100 orang lebih, 125 hilang, 1600 orang mengungsi dan ratusan rumah terendam air. Posisi tanggul Situ Gintung sejak dulu sangat berbahaya berada diatas pemukiman warga Cirendeu.Bendungan Situ Gintung ini pernah diadukan oleh warga setempat pada tahun 2007 karena dikhawatirkan akan jebol.Namun tidak mendapat tanggapan serius dari pihak pemerintah daerah. Di Propinsi Banten terdata total keseluruhan 35 situ tanggul dan 6 (enam) situ dalam kondisi yang harus dirawat dan dipelihara.

Bukan hanya wilayah Cirende saja yang terkena gelombang air yang datang saat tertidur lelap, air bah tersebut juga menghempaskan banyak rumah dan korban sejauh 4 km meluncur hingga ke daerah Jakarta Selatan.

Proses evakuasi korban hingga saat ini dipusatkan di Universitas Muhammadiyah. Turunnya Tim Sar dan bala bantuan lainnya kelokasi untuk mencari korban dan menolong warga setempat hingga saat ini masih terus dilakukan. Bahkan warga setempat yang selamat ikut pula turun mencari mayat korban yang tewas. Disela-sela mencari mayat, korban yang selamat ada pula yang mencari ikan untuk makanan sehari-hari. (Teguh)

POSKO PEDULI TRAGEDI SITU GINTUNG

Sumber : Posko Universitas Muhammadiyah

Sumber : Face Book Komisi Hak Angket Migas

SRMI

di alamat Jl. Mawar III RT006/05 Kel. Bintaro Kec. Pesanggrahan Jakarta Selatan Telp.(021) 99789644/ (021) 98554825.

Berikut ini adalah jenis bantuan yang dibutuhkan :
Kebutuhan Darurat
1. Roti dan makanan ringan
2. Susu untuk anak – anak hingga usia 12 Tahun
3. Air Mineral untuk minum
4. Obat – obatan dan layanan medis
5. Selimut
6. Pakaian Layak Pakai

Susunan Panitia Pelaksana Posko Banjir SRMI
Penanggung Jawab : Marlo Sitompul
Koordinator Lapangan : Ajie Syamsudin
Koord.Relawan Medis : Nano
Koord. Distribusi Logistik : Yosef dan Sublih
Koord.Publikasi& Pendataan : Arifin
Kesekertariatan : Rahwinda
Relawan
1. Rusdiana
2. Marwan
3. Yanto
4. Ibrahim
5. Marwan kelik
6. Dayat
Ajie Syamsudin Koordinator Lapangan

Iklan

7 pemikiran pada “Tragedi Situ Gintung-Cirendeu

  1. shelli

    walu,,walu,, to pemerintah niee… buat ksh tau ja, kmrn dah da laporan dr warga situ gintung tpt’a taun 2007…
    tp mn tanggapan’a?????? mhn perhtiannyaa yaaa

  2. Suaeb Akhmad

    Allohu Akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar, La hawla wala quata illa billahi, ………… segeralah bersujud, jangan lanjutkan menyekutukan Alloh, …… tragedi jebolnya Situ Gintung, merupakan tanda-tanda yang diberikan Alloh Swt kepada kita agar segera kembali mematuhi ajaranNya, …….

  3. gion

    Wahai… saudara-saudaraku yang terkena bencana alam akibat jebolnya danau situ gintung mari.. dan bangkitlah ayo kuatkan hati hari depan yang akan menyongsong kita masih banyak, berusaha kembali tegarkan hati kita semua bisa melaluinya dengan rasa keimanan yang tinggi dan janganlah putus asa semua ini punya hikmah tersendiri berbenah kembali

  4. novita

    Inna Lillahi wa Innailaihi Roji’un,Semoga semua diberi ketabahan menghadapi musibah ini terutama korban yg kehilangan sanak saudara &harta.Marilah kita berpartisipasi bersama2 menghadapi musibah ini tdk hanya lewat comment tapi ikut terjun langsung ke TKP….

  5. wangsa liman

    Turut berbelasungkawa kepada saudara2 kita yang terkena musibah situ gintung dan Kepada ALLAH Yang Maha Kuasa kita kembali bermunajat menghatur doa dan ampunan dosa untuk saudara2 kita dan memhon dibukakannya pintu hati pemimpin2 kita agar lebih bijaksana dan tidak berkata-kata seenaknya, ini tanggung jawab kita semua sebagai manusia. kalo om kumis gak merasa bertanggung jawab, ya gak apa2 mudah2an nanti di akhirat kelak anda akan mempertanggung jawabkannya, tidak dengan mulut dan lidah anda yang fasih mengelak.

  6. agus r

    berbelasungkawa
    semoga saudara” kita yang terkena musibah situ gintung dan wafat,mendapt tempat yang mulia di sisi tuhan yang maha esa dan bagi keluarga yang ditinggal dan kebetulan sedang terkena bencana dapat dengan legowo mengiklhaskan.dan segara dapat segera bangkit dari semua musibah ini.
    untuk mas teguh imam salam kenal dan terima kasih telah memberi berita kepada saudara yang lain.
    matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s