Kantata Takwa Come Back ?

new-picture2

Setiawan Jodi dkk. Mengeluarkan Film  Kantata Takwa

Di TV. One, Setiawan Jodi kini akan mengeluarkan film lawasnya Kantata Takwa. Film ini pernah digarap dimasa lalu ketika album Kantata Takwa melesat dan menggebrak pada tahun 1990. Saya masih ingat betul pada bulan Juli 1990, konser tersebut di Senayan telah memberi inspirasi yang sangat besar bagi rakyat waktu itu. Semacam oase kerinduan melawan kezaliman  dan salah satu timbulnya bibit pergolakan besar yang kemudian lahir pada tahun 1998. Namun, sejak kreativitas berkembang pada tahun 1998   para mahasiswa telah memiliki lagu  mars kebangsaan sendiri yang selalu dibawa-bawa pada saat berdemonstrasi. Tidak jelas siapa pengarang lagu tersebut, hingga kini masih misteri. Begitupula Sumpah Mahasiswa yang sangat legendaris dan beredar luas dikalangan mahasiswa pada tahun 1995-1998.

Secara pribadi bagi saya, Iwan Fals, Jodi, Jabo, Rendra,  Cs. pada masa itu memang cukup membuat merah penguasa dengan warna musik, puisi, dan lirik lagu kritisnya telah menjadi inspirasi  pemberontakan pada masanya.  Mereka adalah maestro dan Bob Dylannya Indonesia. Lebih pada menajamkan hati nurani dan peka terhadap realitas sosial.

https://teguhimanprasetya.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif

Film Kantata Takwa cukup lama didengar tapi belum pernah terlihat oleh khalayak. Konon film ini cukup bagus, bahkan termasuk film yang layak mendapat penghargaan festival film internasional dari uraiannya Mas Jodi di TV. One. Syukurlah. Jika melihat sedikit cupilkan film tersebut di TV yang mengambil naskah filmnya milik Rendra,  para musisi terkenal tersebut terlihat pintar bermain akting dalam film.

Setiawan Jodi dalam wawancara tersebut menceritakan kesamaan para musisi Kantata Takwa yang sulit untuk diajak bergabung, karena lebih liar dan tak mau diatur.  Namun, jika mempunyai mimpi mereka lebih cepat mengaplikasikannya. Mimpi dan tindakan yang lebih cepat dibanding profesi lainnya.  Berbeda dengan para politisi yang masih bicara visi dan misi. Hidup yang lahir dari mimpi inilah yang coba dibangun oleh Obama di Amerika, dengan motonya “Change “and “Change “.

Hidup bagi  Setiawan Jodi adalah perjuangan, dimanapun berada. Tetap konsisten seperti halnya Che Guevara yang memiliki semangat yang tinggi dan lahir dari keluarga berada.

Setiawan Jody adalah cucu dari pahlawan nasional DR.Wahidirin Sudiro Husodo, Pria kelahiran 13 Maret 1949 ini selain seorang seniman juga adalah seorang pengusaha Tanker Minyak yang di mulainya setelah ia pulang dari Amerika Serikat pada awal tahun 1970-an. Selain minyak ia juga menjalankan bisnis di bidang real estate dan telekomunikasi.

Bio Data : Kantata Takwa

Berawal dari group musik SWAMI pada tahun 1989 bersama dengan Iwan Fals, Sawung Jabo, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, dan Totok Tewel.

Kantata Takwa adalah nama sebuah grup musik. Anggotanya adalah Setiawan Djody, WS Rendra, Iwan Fals, Yockie Suryoprayogo dan Sawung Jabo. Album Kantata Takwa beredar pada tahun 1990. Konsep musiknya begitu megah dan berkualitas tinggi dengan Iwan Fals sebagai vokalis utama dan WS Rendra yang mendominasi penulisan lirik. Sebuah kombinasi  sempurna antara para musisi handal negeri ini. Lirik lirik dalam album perdana ini mengusung tema kritis. Kantata Takwa masih dianggap sebagai grup musik papan atas Indonesia. Meskipun sudah bubar, kehadirannya semakin memperkaya warna musik Indonesia. Album terakhir dari Kantata Takwa berjudul Opera Raksasa Biru yang menceritakan tentang Pemanasan Global.

Iklan

2 responses

  1. rossy-timor@yahoo.com

    Sabtu, Agustus 21, 2010 pukul 10:10 pm

  2. asep_nesta1899@yahoo.com

    Bgmn jika film kantata takwa di putar serentak di stasiun tv indonesia.agar menyadarkan jiwa generasi muda.

    Kamis, Juli 15, 2010 pukul 8:39 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s