Duplikasi Karya

Dahulu acara kelas antropologi tiap tahun kami berekspedisi mengunjungi tempat-tempat bersejarah serta budaya diwilayah pedalaman yang cukup kaya di wilayah Banten. Kali ini iklim para mahasiswa telah berubah, begitupula hasil karya yang kini ditugaskan secara mandiri. Saya berharap tidak menduplikasi karya orang lain dari internet tanpa menyebutkan dari siapa dan tak lagi mau turun ke lapangan. Dan berjuang melakukan kajian studi pustaka, menyukai observasi ke lapangan, dan berani mengeluarkan karya orisinilnya. Pelajaran mengarang dan menganalisa serta diskusi yang intensif barangkali sangat penting dimulai sejak dini. Baik dan buruk sebuah karya adalah melalui proses belajar, dan saya sangat menghargai karya orisinalitas yang lahir dari teori/konsep, pengalaman, serta kajian/analisa melalui hasil perjuangan.

Menghilangkan kebiasaan buruk para mahasiswa dan kita semua dimasa mendatang  haruslah dimulai dari sekarang untuk menghargai karya sendiri dan orang lain. Mengambil karya orang lain haruslah menerangkan sumber kutipan dari sumber yang bersangkutan, baik sedikit atau sebagian besar. Hal ini menunjukan  rasa tanggung jawab dan menghargai pemikiran orang lain, serta membuat kesimpulan yang lebih bagus.

Mohon maaf dengan komentar kemarin baru lalu, ternyata dari hasil karya yang dikumpulkan masih sangat disyukuri, sebagian besar adalah karya sendiri dengan melakukan observasi lapangan, bahkan diantaranya amat sangat menarik  bagi saya, beberapa hari digunung, lembah, dan dirawa dengan membawa cerita rakyat yang tidak diketahui khalayak umum kota kami. Hanya sebagian kecil yaitu 3 kelompok  yang melakukan duplikasi, sebagian besar adalah karya orisinil, sedangkan sebagian kecil lainnya tidak mengumpulkan tugas. Bagi mahasiswa Untirta yang ingin mengakses data nilai silahkan di http://www.siakad.untirta.ac.id

Iklan

2 pemikiran pada “Duplikasi Karya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s