Seni Grafis Komik dengan Komputer (Digital Painting)

sibuta4Menggambar komik atau cerita bergambar (cergam) sekarang dengan  bantuan software komputer sudah banyak digunakan para ilustrator melalui photoshop dan corel draw serta dengan bantuan digitalpoin dan touchscren yang tersedia. Karya yang dihasilkan tidak kalah dengan cara manual bahkan terasa sangat mudah dan banyak pilihan yang tersedia untuk pewarnaan dan lain sebagainya. Meskipun demikian  masih ada komik dan film animasi yang menggunakan guratan tangan manual untuk menonjolkan karakter yang kuat.Namun kini sudah mulai terjawab dengan teknologi komputer sebagai alat bantu yang mudah. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, teknik cara manual dan dengan bantuan teknologi hingga kini sebagian besar masih tetap membutuhkan bakat yang kuat dari seorang ilustrator komik, kecuali yang hanya mengandalkan kekuatan ide atau narasi sangat bagus pada komik serius serta gambar kartun juga karikatur. Contoh bakat yang kuat adalah komik manga dari Jepang dan komikus dari Amerika juga RA. Kosasih, Ganes TH, Jan Mintaraga, Teguh Santosa, Djair,  Hans Jaladara, dll. dari Indonesia.

Komikus tidak selalu identik harus memiliki bakat menggambar yang kuat dalam komik serius, kartun, film animasi, serta permainan game, dengan mesti strukturalis mengandalkan strip naturalis dan realis, ada juga yang lebih menonjolkan kekuatan ide dan narasi yang digambarkan begitu sangat bagus. Contohnya adalah komik kartun dan film animasi Shinchan dari Jepang memiliki narasi jalinan cerita yang begitu sangat memikat.

Pada era sekarang ditengah kancah budaya pop Indonesia, para komikus Indonesia menghadapi tantangan yang sangat berat serbuan arus globalisasi yang demikian deras  sehingga telah meminggirkan para komikus Indonesia menjadi kaum marginal . Jika ingat dimasa lalu hanya bagian dari kenangan sejarah yang sangat indah, merajai dan menjadi tuan rumah dinegeri sendiri pada masa  70-an dan 80-an. Bagian dari  kejayaan dimasa lalu tersebut hendaknya menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi komikus Indonesia saat ini.  Begitupula dalam menciptakan karakter khas Indonesianis seperti halnya Jepang dan Amerika yang telah sangat sukses memiliki icon dan karakteristik bangsa mereka sendiri sehingga menjadi trendsetter yang digemari diseluruh dunia.

Untuk menambah  motivasi kita semua barangkali berminat menjadi komikus yang handal, sebagai contoh hasil karya gambar ilustrasi cara cepat dengan bantuan teknologi komputer, atau disebut digital painting untuk mendapatkan hasil yang bagus  seperti yang ada dibawah ini.

Dragon Lord

The Future

Star Wars

The Kingdom

Seksi (Photoshop Painter)

Batman (Corel Painter)

Ocean Sunset

The Girls Warrior

Dragon Fly

Dragon in The Storm

Fire Dragon

Sea Monster

Sumber :

1. www. youtube.com

2. Tampilan Si buta dari gua hantu karya Ganes TH. /www.indocomic.com


4 responses

  1. klo mw gambar” kyk gtu tuh,,,programx pake ap,,?

    Selasa, Januari 22, 2013 pukul 5:19 pm

  2. Ternyata kalau saya perhatikan komik-komik yang laku dipasaran yang menguasai adalah komik luar dan komik kita kemana aja ? tidur. . .!? kalau tidur jangan kelamaan mari kita bangun, alat udah seba canggih tunggu apalagi , saya bingung kendalanya dimana ?

    Rabu, November 18, 2009 pukul 4:58 pm

  3. Nampaknya jiwa masa SMP tentang dunia fiksi masih menggelayuti pikiranmu sobat, luar biasa sekarang ditambah dengan kecanggihan ilmu baru.

    Salut

    Selasa, Desember 23, 2008 pukul 8:14 am

  4. cantigi™

    yuu.. ikutan IBSN Blog Award di cantigi.. ^_^

    Rabu, Desember 17, 2008 pukul 7:45 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s