Amalgamasi yang Aneh di Kampungku

Dahulu pada tahun 70-an dikampungku pernah terjadi peristiwa yang menggegerkan masyarakat. Dikampungku kedatangan orang bule yang bernama Harry dan saweran membagi-bagikan uang dolar untuk masyarakat dihalaman depan rumahku yang waktu itu beratap rumbia. Pria setengah tua yang mengaku mendapat mimpi aneh untuk datang ke Indonesia, ingin menemui saudara nenek buyutnya. Ia yang dilahirkan di Amerika Serikat adalah orang yang memiliki darah campuran Indo-Belanda dan telah putus hubungan komunikasi puluhan tahun yang silam dengan saudara-saudaranya di Indonesia.

Ternyata dari petunjuk mimpinya bertemu dengan buyut kami, maka sampailah pengembaraannya kekampungku. Ia cukup fasih berbahasa Indonesia setelah belajar secara otodidak selama 9 hari, dan dengan sangat tepat ia datang kekampungku dan berziarah ke makam saudara buyutnya di daerah Lontar Kagungan, Serang-Banten.

Om Harry sebutan akrabnya adalah saudara kami dari keturunan satu buyut dengan Nyi Ratu Eni, buyut kami. Nyi Ratu Eni dahulu pada jaman Jepang adalah seorang paranormal dan sangat taat beribadah.Saudaranya telah berpisah dengannya dan menikah dengan seorang warga Amerika. Om Harry kini telah meninggal dunia namun meninggalkan jejak yang cukup dalam bagi tetua-tetua kampung kami.

Istilah
Amalgamasi : menikah antar ras

Iklan

Komentar ditutup.