Nano Teknologi

nanoteknologi1.jpg

Agus Purwanto

Saat ini orang kaya dunia didonimasi oleh pengusaha dari bidang komputer dan internet. Di dekade yang akan datang, satu bidang baru telah datang yang akan membuat pelaku nya menjadi salah satu orang kaya dunia baru yaitu nanoteknologi. Nanoteknologi adalah bidang teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. cakupannya dari material, film sampai devais.

Tanpa kita sadari sebenarnya nanoteknologi telah kita jumpai diaplikasikan dalam kehidupan sehari2, yaitu teknologi mikroprosesor, i-pod, sun-screen dll. Mesin industri nano telah dan sedang berputar untuk menciptakan manusia-manusia super kaya di dekade yang akan datang. Pertanyaannya adalah apa nanoteknologi dan bagaimana kita ambil keuntungan dari nanoteknologi?. Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan coba saya ulas sebagai berikut.

Seperti yang telah disebutkan diatas, nanoteknologi adalah teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. Material atau struktur yang mempunyai ukuran nano akan mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda dengan material bulk-nya. Dari bagan diatas, nanopartikel akan mempengaruhi sifat-sifat material karena efek interface dan efek quantum mekanik. Efek interface yang mungkin terpengaruh seperti sifat konduktivitas termal, katalitik, kekuatan material, kemampuan untuk tahan api, anti-air, anti-karat dsb. Sedang efek quantum mekanik yang bisa diperoleh seperti sifat magnetik, sifat listrik dan juga sifat-sifat optiknya.

Bagaimana mengambil keuntungan dari nanoteknologi?. Kalo dilihat dari bagan diatas, nanoteknologi akan masuk dan membawa perubahan pada semua bidang mulai industri manufakturing, jasa, pendidikan dan juga bidang-bidang lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Apapun bidang anda, cobalah mulai melihat peluang untuk mulai mengintegrasikan nanoteknologi. Jangan tertinggal dan hanya menjadi konsumen dan penonton saja. Berikut adalah contoh pengintegrasian nanoteknologi pada berbagai bidang:

a. Penggunaan Titania dan Zinc Oxide nanopartikel pada cream anti UV.

b. Penggunaan perak nanopartikel untuk anti-mikrobial. Telah diintegrasikan pada produk samsung.

c. Penggunaan emas nanopartikel pada imaging medis dan tes-pack kehamilan.

d. Pemanfaatan katalis ceria untuk menghemat bahan bakar solar.

e. Pendirian jurusan Nanoteknologi diberbagai universitas dunia. http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology_education

dan masih banyak lagi. Kita mau mengambil peran dan mempunyai kesempatan menjadi miliarder baru masa depan atau menjadi penonton? terserah kita.

Sumber :

http://aguspur.wordpress.com/2007/10/10/nanoteknologi-pencipta-orang-kaya-baru-masa-depan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Nanoteknologi

http://64.203.71.11/ver1/Iptek/0710/12/000423.htm

klik nano tech

Iklan