Tata Dunia yang Adil

Peta politik global di Timur Tengah kini kemungkinan berubah, gerbang perdamaian antara USA dan negara berpengaruh sangat kuat yaitu Iran karena telah merestui serta memberi selamat Barack Husein Obama sebagai Presiden AS. Begitupula Hamas kelompok radikal Islam telah mengajak berdialog kepada AS. Harapan perdamaian di negara Timur Tengah telah berulangkali disampaikan Obama dalam kebijakan politik luar negerinya untuk belahan dunia yang sangat panas tersebut.

AS dan dunia mesti juga berterimakasih pada Ahmadinejad ditengah krisis keuangan global, harga minyak dunia tidak menjadi faktor yang membuat krisis bertambah parah.

Ahmadinejad, Hugo Chaves, Barack Obama, dan Evo Morales memang luar biasa barangkali mereka berempatlah yang menempati tokoh pemimpin paling populer didunia.

Bagaimana dengan Asia Pasifik termasuk Indonesia, ini yang kita nantikan meskipun masih bernada skeptis karena banyak perusahaan multi nasional AS menguasai aset strategis nasional kita, yang tentu akan berbenturan dengan keinginan rakyat Indonesia. Diluar masalah ekonomi nasional, AS kini merupakan sekutu yang baik dan potensial.

Semoga krisis keuangan telah membuat AS sadar bahwa fundamental sektor mikro layak dibangunkan dan pajak progresif dapat meredakan gejolak tersebut, begitupula kebijakan ekonomi lainnya yang dapat membuat roda ekonomi AS kembali menggeliat, ditambah bantuan negara kuat dari timur tengah. Konon kini juga AS tengah mempelajari pula ekonomi syariah bagi dunia perbankan mereka.

Tata dunia yang adil, kemanusiaan , dan kesejahteraan bagi umat manusia diberbagai belahan dunia patut kita rayakan kini dan kenantian yang lebih baik dari masa lalu. Semoga ini bukan hanya ilusi dan utopia semata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s