Jihad

Sore hari yang menyentuh mendengar  dakwah Ustad Abu Sangkan di TV  swasta begitu sangat cerdas dan membuat hati kembali tenang, ia berkata,  manusia yang khusu beribadah adalah kontak batin dari seorang hamba kepada Khalik-Nya seperti getaran gelombang solar elektromagnetik yang tidak kelihatan, tetapi dapat terasa dengan jelas dan sangat kuat.

Benda-benda elektro magnetik adalah sebuah dasar ilmiah dari perkembangan kemajuan rasionalitas manusia sehingga ditemukanlah teknologi yang demikian canggih seperti radio, televisi dan internet.  Disinilah kemajuan secara fisik (materi) manusia telah terbukti. Bagaimana dengan kemajuan spiritual ?  terjawab dengan diatas, apalagi jika malam hari yang sunyi ketika beribadah, tentu semakin tinggi getaran yang kita peroleh yang membuat kita kembali beriman dan bertakwa.

Kontak batin dengan Allah ini pernah juga disampaikan Siti Jenar dengan bahasa simbolis manunggaling kawula gusti,  agar kita  senantiasa berpasrah diri dan menyambungkan hati kita terus menerus (dzikir) dengan Allah dalam keadaan apapun, sehingga dari dasar pedoman itu diharapkan kita tetap eling (sadar) dan waspada menghadapi dunia yang semu (habblumminallah—>habbluminnas).

Sebagai umat muslim dari sekian banyak yang diajarkan Nabi Muhammad S.A.W. pasti telah merasakan hal ini, apalagi bagi banyak para ahli tarekat tentu mengakui hal tersebut. Dalam beribadah ekstase transendental terjadi ketika emanasi, tiada lagi tuhan selain Allah, semua yang terbentang dan terlihat didunia hanyalah semu (tiada), yang terlihat hanyalah Allah.

Disinilah kemudian keberanian paling murni (Jihad Fisabillah), ketabahan, kesabaran, dan kasih sayang diuji.

Manusia sepanjang sejarah dalam membangun peradaban atau civilization sangat berbeda dengan binatang, yang menentukan dari kemajuan tersebut adalah kemajuan dalam bidang rasionalitas dan spiritual.

Dan Allah menjanjjikan hal itu bahwa kita adalah umat pilihan sebagai khalifah dimuka bumi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s