Semiloka Budaya Banten-Pameran Film Dokumenter dan Fotografi

Banyaknya permintaan para bloger baik dari luar Banten maupun dari dalam mengenai situs purba cihunjuran, citaman dan situs lainnya di Banten Selatan, membuat saya sejak kemarin tercenung untuk mengikuti pendapat para pembaca menyelenggarakan Seminar Budaya Lokal secara spesifik mengenai Salakanagara atau Semiloka secara keseluruhan Mosaik Banten yang Bersejarah, berikut pameran foto dan film dokumenter.

Ada banyak cita-cita termasuk membangun komunitas lokal didaerah cagar budaya untuk memiliki kesadaran yang tinggi menjaga warisan budaya tersebut, serta memberdayakan secara ekonomi melalui hasil dari kegiatan seminar atau lokakarya (cinderamata souvenir yang dapat dijual, buku saku, katalog foto, dan cd film).

Membentuk organisasi yang kuat dan dipersiapkan sejak dini adalah masalah sejak dulu yang tak dapat diremehkan, butuh kerja tim yang tangguh dan jaringan yang dapat membantu.

Jika semester lalu para mahasiswa seluruhnya mengunjungi lokasi, maka sekarang hanya tim ekspedisi saja yang berhak untuk mendatangi lokasi agar lebih fokus, sedangkan tim yang lain bekerja mengumpulkan data dan menyiapkan kegiatan Seminar atau Semi Loka yang direncanakan selama seminggu penuh.

Bahan materi acara dari berbagai aspek secara komprehensif untuk acara Semi Loka tersebut, berasal dari hasil wawancara hampir sebagian besar budayawan dan sejarawan Banten, dan sudah saya lakukan melalui pertemanan bersama Al-Faris ketika itu. Sudah sangat lama dan seharusnya segera untuk diwujudkan.

Saya berharap dari kegiatan ini dapat menjadi bahan masukan dan usulan rekomendasi yang mesti dilakukan Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/ Kota di wilayah Banten.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s