Pulosari Mandalawangi

Lokasi Gunung Pulosari, Situs Cihunjuran-Salakanagara; Pemandian Kolam Anglingdarma, kerajaan jaman batu sisa dolmen, menhir, dll. (foto doc. fisip kom a nr)

Klik dapat diakses dibawah ini contoh hasil karya mahasiswa Fisip Untirta

salakanagara

Citaman

Kenangan bersama anak-anak mahasiswa fisip Ikom Untirta 2008 dan Al Faris sebagai dosen tamu.

Menelusuri jejak sejarah dan budaya peninggalan megalitik purba dan konon Kerajaan Salakanagara abad ke 1 M. Mengandalkan intuisi untuk menemukan situs dan selebihnya dipandu oleh masyarakat.

Kami mengundurkan diri dari keramaian dunia persilatan yang tengah gonjang ganjing politik nasional dan berkabut kontradiksi. Dilereng gunung sebelum naik ke atas puncak Gunung Pulosari kami masih mendengar Soeharto telah wafat dari prosesi kematiannya yang selama ini sangat alot.

Dalam perjalanan hanya satu orang mahasiswi yang terkena halusinasi dan akhirnya sadar kembali. Diatas gunung hanya sebagian kecil dari kami dapat bersenang-senang, menari dan bernyanyi seperti orang indian yang menang perang, melabur muka dan badannya penuh coreng moreng dengan abu sisa kepulan letusan magma dari bawah kawah yang menyembur panas.

Udara dingin kabut tipis dan kolam air dilereng gunung pulosari hingga kini masih terasa sangat menyejukan bagi kami.

Iklan

6 pemikiran pada “Pulosari Mandalawangi

  1. klo ga salah dipuncak timur laut ada sebuah batu yang di sebut “batu magnet”karna kompas klo di dekatkan arah utara selalu menunjuk ke batu itu,batu itu terletak diketinggian 1300 dpl.mang tempatnya agak sulit dijangkau,klo kita mo kesitu mesti lewat puncak rincik manik dulu

  2. prabu ryan adam

    ni malah aneh lgi angling darma itu ada d kediri .klo klian pengen jalan2 d alam/d kerajan angling darmo jg bisa syaratnya mudah sekali klian puasa 7 hari dulu.klo d lihat pake mata biasa tempat itu sawah tp klo pake mata batin klian akan melihat megahnya malwopati(org jawa bilg)serta rakyatnya yg ramah jg prabu angkling darmo,klo klian percaya

  3. qq2010

    pak teguh,
    soal situs di pulosari, saya hari sabtu – minggu kemarin dapet gambar situs batu dolmen sekitar 200 meter sebelum puncak..

    kata warga yang terhitung sesepuh disana, itu petilasan raja salakanagara.

    mungkin data ini masih terhitung baru.
    saya belum berani cepat ambil kesimpulan.
    gimana kalo kapan2 kita naik pulosari buat liat situs itu.

    guntur kom ’06

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s