Masalah SMUK Untirta

Untirta adalah milik negara, milik Indonesia dan kebanggaan rakyat Banten sesuai cita-cita Propinsi Banten ketika berdiri. Ini adalah realita dan tidak dapat diputarbalik atau justifikasi pembenaran apapun. Jadi dengan demikian pertanggungjawaban harus dilaporkan pada negara, bukan orang perseorangan atau kelompok, termasuk otoritas wilayah fakultas sendiri.

Berita terbaru kini masalah SMUK telah melalui rapat rekomendasi Senat dan Rektor untuk mengantipasi masalah tersebut. Informasi terakhir berdasarkan edaran SK. Rektor adalah laporan keuangan harus transparan dan akuntabilitas disetorkan pada KPKN (Kantor Perbendaharaan Kas Negara) karena termasuk PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan rawan terjadinya korupsi. Sementara itu dana pendaftaran seleksi mahasiswa baru bagi PTN yang sudah berstatus Badan Hukum Milik Negara BHMN (UI, UGM, IPB, ITB, USU, UNAIR, dan UPI Bandung), dan berstatus Badan Layanan Umum (UIN Jakarta), cukup dilaporkan ke Departemen Keuangan, tanpa masuk ke Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN).

Keterlanjuran kemarin hendaknya disikapi dengan arif dan bertanggung jawab serta tidak perlu diulangi lagi. Peringatan keras ini ditujukan kepada jajaran rektorat terkhusus PR. 1 Akademik dan fakultas yang menyalahi aturan Dikti menjelang pengumuman SNMPTN/SPMB tanggal 1 Agustus 2008. Dengan demikian ada 2 (dua) opsi yang mestinya dapat diambil oleh jajaran Senat Universitas yaitu : 1. membatalkan 600 calon mahasiswa baru melalui SMUK (Seleksi Masuk Ujian Khusus) 2.menerima dengan konskwensi yang pahit.

Adanya satu fakultas yang memberi rasio perimbangan 2,5 juta untuk rektorat dan sisa kelebihannya untuk fakultas hendaknya dimusyawarahkan kembali ditingkat jajaran senat universitas, karena akan menimbulkan kecemburuan dan sulitnya auditing keuangan ditingkat fakultas (melihat kenyataan forum dosen sangat lemah bahkan tidak ada) dan rektorat.

Forum Dosen Pembaharu Untirta sudah semestinya didirikan kembali dengan melihat perkembangan saat ini bukan hanya bersifat sesaat menjelang Pilrek saja. Keluhan dugaan kasus korupsi sebelumnya yang berdampak buruk bagi iklim dunia pendidikan yang sehat dan citra baru Untirta dimasa datang.

Jika melihat para pendaftar SNMPTN tidak jauh berbeda dengan peserta SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) 2007, yakni 400.000 orang yang memperebutkan 96.066 kursi.Diketahui, tahun ini calon mahasiswa yang ingin memasuki PTN bisa melalui dua jalur seleksi, yakni UMB dan SNMPTN. ”Semoga program SNMPTN bisa men-dapatkan mahasiswa pandai, terlepas dia mampu atau tidak, tetapi dapat berkuliah di PTN terbaik di Indonesia sehingga menghasilkan calon pemimpin yang tidak hanya cerdas tetapi berjiwa entrepreneur,” demikian menurut Fasli Jalal Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti – Depdiknas) Sbr. Sindo

Teguh Iman Prasetya HP. 085920770007
Muhammad Jaiz

Iklan

8 responses

  1. megaria

    kapan ia penerimaan calon mahasiswa/i tahun 2010 saya takut ketinggalan informasi soalny, Terima kasih pak??? turZ aP ajh Yg haruZ D PerSiapkan.

    Sabtu, Februari 20, 2010 pukul 2:59 pm

  2. Benar SMUK kembali muncul dgn seleksi pada tanggal 14 Juni dan pendaftaran pd tgl. 18 Mei – 10 Juni 2009, saya juga baru tahu stelah baca disitus untirta.ac.id.

    Sayang sekali kami para dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas yg TIDAK SEPAKAT sebetulnya sudah berjuang sekuat yg kami mampu untuk tidak setuju jalur khusus tersebut.

    Arus komersialisasi dunia pendidikan yang tidak dapat dibendung lagi adalah konsekwensi dari berlakunya UU BHP saat ini.

    Dunia pendidikan tinggi dipaksa mengikuti standarisasi untuk mencari dan mengelola keuangan yang akhirnya berujung pada komersialisasi.

    Tahun lalu seluruh kampus tidak ada yg menggelar jalur khusus, tahun ini nampaknya akan marak diberbagai kampus negeri.Di kampus elit (BHMN) ada yg ganakan jalur khusus hingga dipasang bnyk pintu dgn nilai yg sangat tinggi puluhan juta.

    Perebutan bangku kuliah TIDAK FAIR di kampus negeri tsb. secara esensial tidak dibenarkan etika pendidikan, karena telah menutup ruang dan akses pada masyarakat luas tanpa memandang kelas sosial.

    Tuntutan kebutuhan atau kelatahan jika seluruh kampus negeri gunakan jalur ini maka sama artinya kita semua mengkhianati misi dan visi mencerdaskan kehidupan bangsa

    Jika ditarik pada tuntutan kebutuhan juga tidak selalu karena anggaran dunia pendidikan sekarang sgt tinggi 20 %. Tetapi Dana alokasi angggaran pendidikan juga kian menjadi titik rawan apabila sumber penghasilan negara berkurang, misalnya SDA kita dikuasai pihak asing dan perekonomian kita mengalami kemunduran.

    Kamis, Mei 28, 2009 pukul 11:43 pm

  3. Raka

    Jd gmna donk ni cara msuk untirta yg skrg ?
    Masa Diwebsiteny Msh ada smuk, tp kata anda udah ga da !
    Gmna si yg bnerny ?
    Tkut kelewatan wktuny ni saya gara2 ga jlas gtu…

    Rabu, Mei 27, 2009 pukul 1:17 pm

  4. Emg bnrn iah, ud gda smuk. Haduh. Quq g2 cii ?
    11’y jln msup untirta kn cm ituwh.. Snmptn kcil kmgkin, -.-

    Kamis, Mei 21, 2009 pukul 6:41 pm

  5. Teguh Iman Prasetya

    tahun ini tak ada lgi SMUK, kapox , tetapi kampus BHMN masih ada. Yg ada jalur UMM utk NR

    Selasa, Mei 19, 2009 pukul 9:37 pm

  6. anna

    ada jalur SMUK lagi ga sih d untirta tahun ini??

    Rabu, Mei 13, 2009 pukul 1:52 pm

  7. lebih pas lihat saja di situs http://www.untirta.ac.id

    Senin, Maret 2, 2009 pukul 11:14 am

  8. Lusyta

    Aq lusy anx sma n 6 bgr.

    Blh mnta krimin info umb untirta g?

    Please scpt’y y,
    aq dh klwatn pmdk’y neyh..

    Mksh sblm’y..

    Sabtu, Februari 28, 2009 pukul 9:50 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s