Hukuman Mati Di TV

Tadi malam perdebatan wacana hukuman mati begitu sangat ramai diacara Debat dan Save Our Nation. Pasal 28i UUD 1945, ratifikasi PBB, dan RPJMN 2009 yang diusung oleh PBHI Hendardi serta Stanley dari Komnas Ham tentang hak hidup manusia. Sementara itu Henry Yosodiningrat Ketua Umum Badan Anti Narkotika Nasional dan Pakar Hukum UI Jakarta Rudi Satriyo berpendapat tetap mempertahankan hukuman mati bagi pelanggar hukum berat seperti koruptor, narkoba, dan tindak kriminalitas yang diluar batas kemanusiaan. Sebagai perbandingan hampir 104 negara termasuk China, Timur Tengah, dan sebagian besar negara bagian Amerika Serikat masih menerapkan hukuman mati.

Sementara itu dalam acara Save Our Nation dari Fraksi PAN Patrialis Akbar berpendapat sama dengan contoh dari negara lain China yang terbukti berhasil menekan angka korupsi semakin rendah.

Dan tadi malam juga keluar keputusan untuk tetap mempertahankan Hukuman Mati Bagi Koruptor dari KPK dan DPR RI Jakarta.

Yang menjadi masalah bagi kita adalah sifatnya yang masih situasional pada saat krisis terjadi dan tidak memiliki standar berapa rupiah yang dikorupsi untuk dijerat hukuman mati seperti di China.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s