Jangan Bohong APBN Jebol

Pemerintah Jangan Bohong

Artikel Terkait:
Kwik Tantang Audit Keuangan Pertamina
Wapres Kecam Rizal Ramli dan Kwik Kian Gie

Kompas Senin, 21 Juli 2008 | 17:00 WIB

DEPOK, SENIN – Mantan Menko Ekuin Kwik Kian Gie meminta pemerintah untuk tidak bohong ketika mengatakan bahwa kenaikan harga BBM ditempuh untuk menyelamatkan APBN yang tidak sanggup lagi menanggung beban subsidi masyarakat terhadap BBM. Sebelumnya, dalam seminar Mafia Minyak yang diselenggarakan hari ini, Senin (21/7), di FE UI Depok, Kwik menjelaskan tentang selisih perhitungannya terhadap hasil penjualan dan harga pokok penjualan BBM.

Kwik mendapatkan bahwa sebenarnya pemerintah mengalami surplus sebesar Rp 112.649 trilyun. “Jadi sebenarnya bohong kalau dikatakan APBN itu jebol,” ujar Kwik. Oleh karena itu, Kwik sempat menantang Dirut Pertamina Ari H Soemarno untuk mengizinkannya melakukan auditing keuangan Pertamina.

Hal ini ditanggapi keras oleh seorang peserta yang hadir. Peserta ini mengatakan bahwa perhitungan Kwik yang mengatakan bahwa diperoleh surplus dari penghasilan minyak itu benar jika penghasilan minyak dipakai untuk minyak. Namun sebenarnya, penghasilan itu dipakai untuk menutup biaya anggaran pembangunan lainnya.

Kwik menyambut dengan kata sepakat jika ternyata surplus penghasilan minyak itu memang dipakai untuk menutup anggaran pembangunan. “Ngomongnya yang betul dong, kalau emang itu dipakai untuk pengadaan infrastruktur. Jadi, jangan bilang APBN-nya jebol. Pemerintah jangan bohong,” ujar Kwik.

LIN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s