Purbacarita Situs Cihunjuran

Tadi siang mendapat laporan dari seorang aktivis mahasiswa ternyata sangat mengejutkan sekali, Situs purba Cihunjuran dan Citaman didaerah Kabupaten Pandeglang tidak masuk dalam daftar pariwisata yang layak dikunjungi wisatawan domestik pada saat acara MTQ Nasional kemarin (MTQ yang gelisah). Mungkin juga tidak ada dalam setiap event, agenda, kalender, dan pameran pariwisata Propinsi Banten.

Lokasi disekitar tempat Gunung Pulosari tersebut sebetulnya sangat unik dan menarik (baca kategori budaya lokal : Banten Purba Carita) bagi masyarakat Banten yang belum mengetahui. Betapa tidak, batu purba besar ditengah sawah, kolam yang sangat indah, jernih dan dapat dipakai mandi, kuburan purba yang sangat panjang menurut versi Sunda Kuno disebut Aki Luhur Mulya, atau menurut versi HIndu Anglingdarma, versi Islam Wali Jangkung, menhir, batu peta kuno, dolmen, batu dakon (tempat meramu obat), dll  bertebaran sangat menarik pemandangan mata untuk melihatnya.  Konon menurut cerita adalah asal muasal Kerajaan HIndu Salakanagara pada abad ke 1 masehi yang belum dapat dibuktikan kebenarannya menurut banyak sumber, karena bukti dan naskah kuno tesebut masih meragukan.

Banyaknya tempat  prasejarah dan sejarah di daerah Banten dari ujung rantai Anyer-Karang Bolong dll. hingga ke daerah Banten Selatan yaitu Gunung Karang, Gunung Pulosari, Lebak Sibeduk, Sasaka Domas-Baduy, dll.,  konon pula di daerah Ujung Kulon, saya bermimpi tempat tersebut dirawat dan pelihara serta dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, apabila tidak ada tempat untuk merawatnya sebagai museum terbuka untuk umum (atau tidak boleh dibuka seperti Baduy) dan dilindungi oleh hukum adat. Tidak mustahil dimasa datang temuan lain akan menyusul dan Banten sebagai daerah kedua setelah Sangiran yang terkenal dengan manusia purbanya (giganthropus erectus-manusia raksasa).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s