Hemat BBM

Info Indonesia Mei 29, 2008

Sepeda dan Mobil Listrik: Solusi Murah Penghematan BBM

Mobil Listrik Marlip

Dengan meroketnya BBM semakin besar pula pengeluaran untuk perjalanan anda. Bayangkan, jika sehari anda bepergian 40 km pulang pergi, jika memakai mobil anda harus mengeluarkan 4 liter bensin atau Rp 24 ribu sehari. Sedang untuk motor Rp 6.000. Dalam setahun anda menghabiskan Rp 11 juta untuk Mobil (lihat tabel bawah) atau Rp 3,3 juta untuk motor.

Yang jadi solusi untuk perjalanan dalam kota adalah kendaraan listrik. Ada sepeda dan mobil listrik. Untuk sepeda anda cukup mengeluarkan Rp 100 untuk setiap 10 km. Jadi anda hanya mengeluarkan Rp 400 jika naik sepeda listrik setiap hari atau Rp 144 ribu dalam setahun. Untuk mobil anda mengeluarkan rp 100 untuk setiap 1 km. Anda hanya mengeluarkan Rp 4.000 setiap hari atau Rp 1,44 juta dalam setahun. Anda bisa menghemat Rp 8 juta lebih setahunnya!


Sepeda ListrikAnda selain hemat biaya bensin juga hemat ongkos oli, SNTK dan juga SIM (karena sebagian sepeda listrik tidak perlu pakai itu). Padahal untuk STNK dan SIM saja sudah ratusan ribu rupiah kan? Aa Gym pakai sepeda listrik Betrix meski kontur Daarut Tauhid di Geger Kalong agak turun naik.

Kecepatan untuk sepeda listrik bisa mencapai 40 km/jam. Sementara untuk mobil listrik yang murah (Marlip/Reva) sekitar 80 km dengan jangkauan sekitar 80 km. Kalau mobil listrik (Molis) yang mahal seperti Tesla bahkan sampai 201 km/jam. Untuk jangkauan, mobil listrik umumnya sekitar 80-120 km. Tapi yang sampai 640 km juga ada.

Tabel Perbandingan Biaya Operasional dalam setahun

Asumsi mobil dianggap 1 liter=10 km, motor=1:40, jarak 40 km, pakai Premium Rp 6.000/liter

Kendaraan

Bensin

Oli+Servis/Aki

Listrik

STNK+SIM

Total/thn

Sepeda Motor

2,190,000

600,000

500,000

3,290,000

Sepeda Listrik

350,000

146,000

496,000

Mobil

8,760,000

1,200,000

1,200,000

11,160,000

Mobil Listrik

350,000

1,460,000

1,200,000

3,010,000

Bagaimana kalau mogok karena akinya habis? Lah kalau naik sepeda motor/mobil mogok atau kehabisan bensin kan lebih repot mendorongnya. Kalau sepeda listriknya ada genjotannya seperti di gambar, anda tinggal genjot. Jika kecepatan genjot anda 15 km/jam dan jarak kantor-rumah anda 15 km, dalam 1 jam sudah sampai! Pilih sepeda listrik yang ada genjotannya. Mengenai harga untuk sepeda listrik antara Rp 2 juta – 6 juta. Ada pun mobil listrik antara Rp 60 juta sampai milyaran juga ada… ) Lama waktu charge untuk molis Reva 2,5 jam (80%) dan 8 jam untuk 100% full.

Mengenai kekuatan kendaraan listrik, jangan diragukan lagi. Pernah naik KRL (Kereta Api Listrik) Jabotabek? Nah itu pakai listrik. Mampu menahan beban berat dengan kecepatan tinggi dan tanpa suara bising.

Saran saya ketimbang ribut mengenai ratusan trilyun rupiah, pemerintah lebih baik memberikan dana Rp 2 trilyun setahun bagi pengembang sepeda dan mobil listrik karena mereka terbukti berjasa menghemat BBM sehingga industri sepeda dan mobil listrik bisa lebih berkembang.TeslaRoadster

Sepeda Listrik:

http://www.betrix.co.id/productlineup.php

http://www.sepedalistrik.com

http://www.trekko-vtb.com

Mobil Listrik:

http://www.marlipev.blogspot.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_car

Reva, mobil India yang terbanyak penjualannya sampai ke Inggris

www.revaindia.com

Mobil Listrik Reva

30 Mobil listrik siap merajalela

http://venturebeat.com/2008/01/10/27-electric-cars-companies-ready-to-take-over-the-road

Tesla: Mobil listrik dengan kecepatan 201 km/jam dan jangkauan 362 km sekali charge. Harga US$ 109.000,-

http://en.wikipedia.org/wiki/Tesla_Roadster

Marlip: Mobil Listrik Indonesia

http://masrahmarlip.blogspot.com/

5. Teknologi mobil listrik (banyak yang meragukan kemampuannya tidak sama dengan mobil konvensional):

a. Propaganda yang dibesar-besarkan :

  1. Mobil listrik tidak bisa lari kencang, alias lelet : Bohong!, membuat mobil listrik menjadi kencang adalah teknologi yang mudah. Justru saat ini mobil tercepat didunia adalah mobil listrik (baca tesla roadster yg dibatasi produksinya hanya 1 unit dlm 1 minggu itupun dijual mahal, mobil ini bisa melaju 200 km/jam)
  2. Mobil listrik tidak bisa jalan jauh, alias repot isi ulang listrik. Hati-hati ! Ini juga propaganda, (baca : mobil listrik kreasi mahasiswa di LN bisa sampai 340 km jarak tempunya), emangnya ada yang kuat naik mobil lebih dari 8 jam tidak berhenti sama sekali. Mobil BBM juga kan harus diisi BBM. Kenapa kalau listrik dianggap repot kalau mengisi ?
  3. Mobil listrik Pengisian Ulang Energinya Lama , harus nunggu lama, Ini juga info menyesatkan !. Pengisian ulang energi listrik di Power Station (seperti pom bensin) Cuma butuh bisa 2,5 menit sampai 25 menit. Dengan penjualan energi sama seperti jual gas dalam tabung gas, yakni energi listrik disimpan dalam aki bisa dibeli energinya saja tabungnnya miliki produsen aki (jika molis pake aki),
  4. Mobil listrik tidak bisa kena Air : Ini info yg sangat menyesatkan!!!. Orang tidak akan pernah membuat kapal selam kalau tidak ada system tenaga listrik. Banyak mobil-mobil yang bisa menyelam kedalam air hanya bisa pake penggerak listrik (baca: squab concept, Geneva motor show)
  5. Aki mobil listrik menyebabkan polusi : wah lagi2 menyesatkan. Aki bisa dibuat ramah lingkungan, aki bisa didaur ulang, aki gel tidak pake air, technology storage buat mobil listrik sudah maju dan tinggal pilih (baca : LIPI bikin Lithium-ion batterai)
  6. Mobil listrik Mahal : siapa bilang???.. mobil listrik bisa jadi mobil murah, komponennya lebih sedikit dan tidak rewel, bengkelnya juga bersih alias tidak ada oli dan jarang rusak. Justru karena , komponennya lebih sedikit dan tidak rewel inilah sehingga industri otomotif tidak tertarik. Harganya bisa lebih murah dari mobil konvensional.

3 responses

  1. Sepeda listrik memang irit, tanpa polusi, tetapi harga masih relatif mahal dibanding sepeda motor second.

    Masih banyak Poltas yang kurang pengetahuan (atau memang arogan) tentang UU LLAJ pada sepeda listrik.

    baca di http://sihawam.blogspot.com/2010/09/sepeda-listrik-ditilang.html#links

    Kamis, Oktober 28, 2010 pukul 7:15 am

  2. edi susanto

    mejeng wetan

    Minggu, Agustus 24, 2008 pukul 2:02 pm

  3. huda

    iya, pemerintah .. juga sby sering nari poco2.
    buat energi altenatif … maju mundur ga konsisten

    suruh pindah ke gas … eh jadi susah didapet
    briket batubara…. wassalam
    suruh nanem jarak… eh hasilnya dibiarin aja, ga ada tindak lanjut

    ujung-ujungnya ketipu ama joko blue energy

    ati2 nanti kalo ada anjuran pake molis… dari pemerintah
    ujung-ujungnya polisi yang panen karena banyak yang ditilang
    hehe

    di atas unek2 aja…

    saya sangat setuju dengan pengembangan motor/mobil listrik

    Sabtu, Juli 19, 2008 pukul 6:52 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s