Kontemplasi

Ketika Terang Bulan dan Turun Hujan

Malam ini sebelum pagi subuh datang, aku melihat bulan sangat terang dan indah sekali ditengah alun-alun kota Serang. Aku merasa tercerahkan dan ekstase. Aku merasa sangat tenang dan damai. Sudah lama sekali aku tidak merenung dan bermeditasi mensyukuri semua nikmat tuhan yang telah Ia berikan padaku. Nikmat dan rasa syukur dari semua yang Ia berikan dan segala rintangan serta cobaan yang menghadang, juga kegelisahan yang kian tinggi intensitasnya saat ini. Dan aku melihat bintang dan bulan telah berada pula di hati jutaan rakyat nusantara, cahayanya memendar lewat sudut matanya yang berbinar dari balik gunung, sudut kota, hutan, lembah dan ngarai, juga danau yang jernih, tulus, dan bening.

Di tengah kepenatan melihat banyak sekali fenomena ekonomi, sosial, budaya, politik, dan hukum yang kini telah membuat kita kecewa. Apalagi kemarin malam melihat berita informasi acara kupas tuntas Trans 7 yang dipandu Teguh Usis. Salah satu narasumbernya selain Pukat Korupsi dari UGM, seorang kawanku Syahrin dari Komisi 3 DPR RI mengenai kasus suap yang melibatkan petinggi Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Untung Udji Santoso dan Arthalita pelaku suap kepanjangan tangan dari Samsu Nursalim. Cukup memprihatinkan sekali.

Di tengah beban rakyat akibat kenaikan harga BBM, penetrasi neoliberalisme yang kian deras pada sektor publik, dan berbagai kasus korupsi serta kebijakan publik lainnya yang telah banyak merugikan rakyat, maka sudah saatnya kita tak lagi percaya lagi sepenuhnya terhadap pemerintah dan penegak hukum, jika tak memiliki ketegasan dalam bersikap dan memiliki visi strategis untuk bangsa ini dan untuk kita semua.

Di pagi subuh yang dingin dan hujan gerimis datang yang mulai turun membasahi bumi, menutupi keindahan padhang bulan tadi malam, semoga kita masih tetap diberikan kesabaran, banyak bersyukur, dan TETAP BERGERAK !!! untuk masa datang yang lebih baik.

Iklan

2 pemikiran pada “Kontemplasi

  1. tritama & ririn

    wahhh ternyata selain akademisi, bpk juga aktf ya di bidang yang lain…
    pak, kisi-kisi uas apa?
    oia, emailnya udah diterima belum pak?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s