Misteri Timbunan Minyak

BP Migas Belum Periksa Minyak 14 juta Barel
Misteri Timbunan Minyak

Pengeboran minyak di Rig OW 700/40 milik Pertamina EP di Desa Samudra Jaya, Kecamatan Bekasi, Jawa Barat, mencapai kedalaman 2.150 meter, Selasa (27/3). Minyak mentah dari anjungan ini diolah di kilang minyak Balongan untuk memenuhi kebutuhan nasional.

    Jumat, 13 Juni 2008 | 09:07 WIB

    JAKARTA,JUMAT –  Makin misterius saja keberadaan timbunan minyak mentah sebanyak 14 juta barel. Badan Pengatur Usaha Hulu Minyak dan Gas (BP Migas), yang pertama kali mengungkap keberadaan timbunan minyak itu, ternyata hanya mengantongi angka berdasarkan laporan dari kontraktor production sharing (KPS) minyak.

    BP Migas mengakui tidak mampu mengecek langsung lantaran sumber dayanya masih terbatas. “Laporan itu memang hanya dari KPS, namun kami yakin data itu memang benar,” kata Wakil Kepala BP Migas Abdul Muin, kemarin (12/6).

    Bisa jadi, laporan mengenai jumlah itu memang benar adanya. Namun, yang perlu mernjadi perhatian, benarkah seluruh minyak mentah itu masih tertimbun di penampungan milik KPS? Sebab bisa saja terjadi, sebenarnya minyak tersebut sudah dijual. Namun Pertamina, yang bertugas menjualnya, belum melapor ke BP Migas. Seandainya hal terakhir yang terjadi, negara juga merugi. Maklum, status minyak itu adalah jatah bagi hasil untuk pemerintah. Seandainya minyak itu laku 100 dollar AS per barel, nilai seluruh minyak itu mencapai 1,4 miliar dollar AS. Mengendap sebulan saja di bank, potensi bunganya tentu sungguh besar.

    Sejauh ini, baru PT Medco Energy yang membantah telah menyimpan lifting. “Minyak itu tidak ada di kami,” kata Hilmi Panigoro, Presiden Komisaris PT Medco Energy, Adapun KPS lain tak bersedia berkomentar.

    Untuk mencari titik terang soal ini, Pertamina juga akan meminta setiap KPS melaporkan jumlah minyak yang belum terangkut. “Kami kan enggak tahu, minyak itu berada di mana,” kata Juru Bicara Pertamina Wisnuntoro.

    Pertamina bahkan menyatakan akan segera menjual begitu mengetahui tempat penyimpanannya. Pertamina mengklaim telah menyiapkan 36 kapal tanker milik sendiri dan 120 kapal sewaan untuk mengangkut timbunan minyak itu. (Sanny Cicilia Simbolon, Hans Henricus Benedictus)


    Sumber : KONTAN

     

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s