UKM & Koperasi Bunga Kredit 6%

Hari ini berita di Fajar Banten, Menteri Keuangan telah menerbitkan surat keputusan yang mengatur tentang tarif bagi dana bergulir sebesar 6% per 1April untuk UKM dan Koperasi.Ketentuan tarif kredit ini terbagi 3 (tiga) dikelola oleh LPDB (Lembaga Keuangan Dana Bergulir) yaitu :

  1. Koperasi strata satu ditetapkan 6 % pertahun. Besaran angka ditetapkan oleh LPDB (Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir) setelah dapat pengajuan dari lembaga keuangan mikro. Bunga kredit yang dibebankan kepada end-user (pemakai) sebesar 24% maksimal secara sliding.Berbeda sebelumnya dengan BPR misalnya membebankan 48%.
  2. Strata dua dalam bentuk Ventura (SBI plus) bunga ditetapkan maksimal 3% .
  3. Strata 3 mekanisme pasar, pihak LPDB akan bekerjasama dengan perbankan dari Bank Muamalat, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri. Koperasi dan UKM yang dibina oleh bank diatas akan mendapat prioritas utama.

Program penjaminan kredit tidak lagi berlaku setelah program penjaminan ditangani oleh PT. Askrindo dan Perum SPU. Jadi program strata empat menjadi strata tiga yaitu mekanisme pasar.

Saat ini untuk mencairkan dana bergulir yang tarifnya ditentukan, pihak LPDB tinggal menunggu ketetapan status dana bergulir, apakah masuk ke neraca keuangan Kementrian Negara Koperasi dan UKM sebagai belanja modal atau sosial.

Direktur Utama LPDB Fajar Sofyar mengatakan hingga saat ini telah mengajukan pinjaman mencapai 809 milyard yang antara lain datang dari sejumlah Ventura, Koperasi Simpan Pinjam, Inkopsa, dan IKSP.

(Fajar Banten, Senin 5 Mei 2008)

 

Iklan

2 responses

  1. Agus Setiyawan

    PROPOSAL
    I. Thema :
    Peningkatan Penjualan Hasil Produksi UKM Dengan Menggunakan Fasilitas INTERNET MARKETING
    II. Judul :
    Pemasaran Dengan Internet Untuk Branding serta Segmented Produk UKM
    III. Latar Belakang :
    1. Adanya kendala biaya pemasaran yang tinggi tidak sebanding dengan keuntungan produksi.
    2. Belum tahunya manfaat internet yang memang benar benar bisa menembus dunia maya sampai tak terhingga.
    3. Tidak seimbangnya laju teknologi dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki.
    4. Tidak adanya wadah untuk melakukan strategi pemasaran yang jitu dan bisa reduce cost.
    5. Mulai bertumbuhnya hotspot area, warnet dan tingkat penjualan komputer dan laptop di Indoensia yang sudah tembus 50.000.000 buah.
    6. Kecenderungan pasar yang menginginkan semuanya serba cepat.
    IV. Tujuan :
    1. Memasarkan produk UKM untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia
    2. Melakukan strategi branding produk dengan metode display, brosur dan iklan, yang nantinya penggunaan biaya sangat kecil (Reduce Cost). Karena pengeluarannya hanya biaya internet saja, yang lainnya gratis.
    3. Melakukan strategi segmented dan targeted sehingga penjualan produk sesuai dengan pasar yang diinginkan, hanya dengan fasilitas internet saja.
    4. Memperkenalkan produk UKM ke luar negeri dengan teknik yang sederhana namun bisa diketahui oleh seluruh negara luar.
    5. Mengajari bertransaksi di internet untuk bisa closing.
    6. Peningkatan jumlah produksi dari hasil penjualan di internet.
    7. Gairah perekonomian UKM bisa berjalan.
    V. Strategi :
    1. Penjelasan dasar tentang manfaat internet yang begitu dahsyatnya.
    2. Cara penggunaan internet yang baik dan benar serta bijak sehingga bisa fokus pada penjualan.
    3. Pelaksanaan dibagi dalam tingkat beginner, intermediate dan expert, sehingga bisa menyesuaikan kemampuan masing masing UKM didalam memasarkan produknya.
    4. Secara berkala memberikan konsultasi terhadap permasalahan dari pemasaran via internet via online.
    VI. Contoh Solusi :
    1. Kawasan Industri Tas Gadukan – Surabaya
    a. Pertama adalah memperkenalkan didunia maya jika selain Tanggulangin ada Gadukan yang juga penghasil tas.
    b. Menjelaskan item produk serta kelebihan produk dibandingkan dengan hasil produksi daerah lain.
    c. Melakukan dan mempersiapkan brosur dengan teknis yang sederhana baik dalam bentuk foto atau video, namun bisa disajikan di internet sehingga calon pembeli bisa secepatnya mengetahui produk yang ada.
    d. Mempelajari cara termurah didalam pengiriman namun tetap aman dan cepat.
    2. Kawasan Industri Kripik Kedelai – Sidoarjo
    a. Pembuatan contoh atau sample rasa yang bisa dikirimkan ke seluruh peminat di internet dengan teknik promo yang murah meriah.
    b. Mempersiapkan kemasan dan cara pengiriman yang aman, sehingga kwalitas masi tetap terjamin.
    c. Memperkenalkan ke semua penjual seantero Nusantara dengan menggunakan teknologi internet.
    VII. Target :
    1. Para UKM melek akan dunia internet dan manfaat yang begitu dahsyatnya.
    2. Memperkenalkan produk ke luar daerah tanpa harus keluar daerah.
    3. Peningkatan produksi UKM sehingga bisa memutar perekonomian.
    VIII. Kesimpulan :
    1. Perlu adanya edukasi dalam 3 tahap untuk tepat sasaran.
    2. Perlunya suatu wadah konsultasi jika terjadi permasalahan.
    Demikian proposal ini kami sampaikan, semoga antara keinginan, tujuan dan kemauan untuk membangun bisa diberikan jalan bagi kelancaran didalam mencapai target.
    Hormat kami,

    Agus Setiyawan (PEMBICARA Internet Marketer Income JUTAAN Modal GRATISAN)
    http://piranhamas.wordpress.com, piranhamasgroup@gmail.com

    Kamis, Agustus 20, 2009 pukul 5:44 pm

  2. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/ukm_koperasi_bunga_kredit_6_

    Jumat, Mei 9, 2008 pukul 3:59 am

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s