Jika Jam Tangan Di Kanan

Jika jam ditangan kanan adalah mythos dan legenda, kubunuh dengan telanjang tanpa jam tangan  kembali seperti dimasa silam dengan ideology baru. Tetapi kini kupakai kembali tadi siang setelah mengisi baterai dari seorang anak muda yang berjualan diemper toko.

Banyak kenangan telah terlewati dengan jam tangan yang kupakai ditangan kanan sebagai bentuk symbol pengembaraan dan pencarian, pekerja keras, romantisme, cinta, kegagahan, kejantanan, kepemimpinan, keindahan, juga  pemberontakan, bahkan pernah juga dianggap kekiri-kirian. Ditahun 2000 sepulang haji kebiasaan itu kumulai menjadi ciri khas hingga terakhir tahun 2003. Masa itu Kota Serang adalah kota mati dan sepi, tidak seramai sekarang.

Tetapi pernah sekali diantara tahun itu ketika cinta merubah jam tanganku berpindah ke tangan kiri sekali, aku melihat dampaknya luarbiasa sekali. Sedangkan tahun 2004 hingga sekarang adalah masa pancaroba ditengah lapangan yang  melelahkan ketika jam tangan kulepaskan.

Sementara itu salah seorang kawanku seorang wartawan hingga kini sangat fanatik  bertahan memakai jam tangan di pergelangan kanan, entah apa maknanya baginya. Sedangkan kawanku yang satu lagi telah pergi jauh. Kami dulu hanya bertiga, aku menyebutnya Trigan seperti cerita dalam komik dan memiliki kebiasaan memakai jam tangan ditangan kanan.

Sebetulnya dari dulu sejak jaman mahasiswa dan terakhir 1999 aku selalu memaknainya tanpa jam tangan sebagai satu symbol ketelanjangan, membumi bersama tuhan, bersama rakyat, bersama semesta, sekaligus penyerahan diri, keberanian, juga ketabahan.

Tetapi saat ini, aku ingin memaknainya kembali jam itu pada pergelangan tangan kananku, karena aku merasa sangat lebih nyaman saja, tanpa ada maksud mensakralkannya kembali.

Iklan

3 pemikiran pada “Jika Jam Tangan Di Kanan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s