Metro Realitas

Metro realitas dan liputan pagi subuh akhirnya membuka mata semakin lebar tentang pemilihan Gubernur BI, Aceh pasca stunami dan posisi terakhir kasus BLBI.

Tentang pemilihan Gubernur BI telah terjadi kontradiksi ketidak sesuaian paham antara komisi XI  dengan presiden. 2 (dua) calon yang diusulkan presiden ditolak fraksi PDI-P. Posisi terakhir kasus BLBI menjawab hak interpelasi parlemen yang dihadiri Sri Mulyani, menjelaskan bank beku operasi dan tarik tambang dengan para pemegang saham dsb.

Sedangkan  Aceh paska stunami apa yang saya duga betul, Aceh sangat strategis secara geopolitik, ekonomi, dan pertahanan keamanan kita.  Aceh paska tsunami kini semakin banyak didatangi orang asing dan para jenderal dari Amerika Serikat.  Dalih bantuan yang dikucurkan mereka sebesar 56 trilyun  untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh (pembangunan sekolah,gedung, jalan raya dsb) memiliki maksud  tertentu saat ini.

Hal ini dapat dipahami karena secara geopolitik Aceh sangat strategis sebagai wilayah perdagangan internasional dan basis keamanan pihak Amerika Serikat. Sumber daya alam yang kaya akan mineral yaitu; batubara, emas, timah hitam dsb. sebesar 90,2 %.  Sedangkan minyak bumi dan gas didaerah  cekungan yang terjadi akibat tsunami, diduga lebih besar dari negara Arab.

Sangat disayangkan jika Gubernur Irwandi Yusuf kurang hati-hati dalam menempatkan konsultan ahli yang sebagian besar orang asing tersebut, apalagi berkantor di kegubernuran dan diduga memainkan peran yang besar dalam pemerintahan Aceh.  Bantuan yang diberikan dikhawatirkan akan beralih pada pamrih-pamrih tertentu yang nantinya malah merugikan rakyat Aceh dan Indonesia umumnya.

Pemerintah Indonesia harus tegas dalam memposisikan peran mereka, kepentingan dan integritas nasional jangan kemudian dipertaruhkan di Aceh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s