Orang Kalang dan Suku Bajang

Setelah Syeh Siti Jenar dihukum mati, konon menurut cerita para pengikut Syeh Siti Jenar dipelihara kembali oleh para wali dan pewaris tahta Demak, Pajang, dan Mataram. Mereka dikenal dan disebut sebagai orang Kalang dan Suku Bajang.

Orang Kalang itu umumnya memiliki raut muka dan tubuh yang aneh diluar kelajiman manusia.Mereka bertugas mengiringi para raja ketika upacara religi dan ritus  yang digelar oleh keraton. Hingga saat ini upacara yang mengikutkan sertakan  orang Kalang ini masih sering dilaksanakan adat Keraton Mataram, sebagai satu simbol kepedulian orang keraton terhadap mereka, bahkan merupakan pusaka keraton yang mesti dipelihara.

Sedangkan orang Bajang adalah kelompok kecil masyarakat terpencil yang hidup tersembunyi, dan bertugas menggiring kemana arah angin politik dan kekuasaan berlabuh dengan cara yang aneh pada saat yang gawat. Mereka adalah orang-orang yang sulit ditemui dan jarang sekali ikut bersentuhan dengan kekuasaan.

Simbol makna yang tersirat dari kedua kelompok itu adalah bahwa keberadaan mereka tidaklah diremehkan, tetapi dihargai, bahkan dianggap memiliki kelebihan tertentu diluar keumuman manusia.

3 responses

  1. mega

    hemm…

    saya juga keturunan kalang…
    yang masih TUS (asli)
    tp saya tdk mempunyai keanehan..

    maaf,
    gag semua org kalang aneh..

    Sabtu, April 17, 2010 pukul 10:41 am

  2. Umumnya secara fisik orang kalang adalah orang yang memiliki tubuh atau fisik lainnya yang dianggap tidak normal oleh masyarakat umum. Maaf misalnya orang bertubuh pendek atau cebol. Mereka sengaja dipelihara untuk menunjukan bahwa mereka dapat menjadi manusia yang istimewa dibanding masyarakat lainnya.

    Secara filosofi menunjukan bahwa manusia dilihat bukan dari rupa dan bentuk fisiknya, tetapi dilihat dari hati nurani, kepribadian dan nilai gunanya.

    Suku Bajang hanyalah mithos dan legenda

    Rabu, November 11, 2009 pukul 5:18 pm

  3. cerry surya

    mungkin bisa diterangkan lebih spesifik, apa perbedaan raut wajah dan bentuk tubuh orang kalang dg sebagian orang??
    dari mana asal orang kalang dan suku bajang??

    maturnuwun

    Rabu, November 11, 2009 pukul 1:15 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s