Last Samurai

Pada tanggal 12 Juni 2003,  ribuan aktivis diperkirakan berjumlah 10.000 orang berduyun-duyun berdemo di gedung Mahkamah Agung, menuntut Akbar Tanjung di adili untuk kasus Bulog Gate. Aksi terbesar kali itu mengingatkan seperti peristiwa Semanggi I dan II. Banyak organ seperti, BEM UI, KAMMI, FAM UI, BEM SE-Bandung, dll. turun dengan massa terbanyaknya. Massa yang tidak hanya dari Jakarta, tetapi juga dari Bogor, Bandung, dan Banten.

Peristiwa itu dikenang pada saat ini, sebagai aksi massa terbesar dan terakhir dari berbagai daerah yang terkonsentrasi di Jakarta. Banyak peristiwa yang terjadi pada saat itu, yaitu belasan para mahasiswa yang dipukul mundur, terluka dan berdarah-darah mengalami cidera, karena diserang oleh aparat keamanan yang mulai berlaku keras menjelang sore hari.Barisan demonstran bubar berantakan dihalau petugas keamanan diserang dipukul mundur dan dilempar botol minuman. Tidak sedikit mahasiswi yang terluka pada waktu itu, yang umumnya kebanyakan dari KAMMI dan BEM. Sangat tidak manusiawi sekali. Pada peristiwa itu, banyak juga para aktivis yang terbilang senior dimasa lalu ikut turun mengawasi adik-adiknya dan bersimpati dengan aksi itu. Rendevouz ditengah aksi.

Akhirnya menjelang magrib tembakan salvo para perwira dari kantor PM (Polisi Militer) diujung jalan mengakhiri segalanya. Upacara bendera Merah Putih berkibar-kibar dengan sangat gagah dan megah, seperti memberikan semacam kehormatan dan keberanian bagi para mahasiswa.

Hingga larut malam, hanya segelintir kelompok demonstran yang masih bertahan, bernyanyi, berteriak, dan berorasi membacakan puisi, dijalan yang mulai sepi mencekam dan masih dikepung ribuan tentara dan para perwira yang berjaga dari kejauhan.

Catatan Khusus :

Peristiwa itu kisah nyata seperti film Last Samurai.

Untuk Ail, Ato, Adit, dll. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s