Banten Rawan Bencana

Banten ternyata rawan bencana bersifat fisik bukan hanya masalah ekonomi, hukum, sosial, budaya, dan politik. Bencana ini sangat berbahaya bagi keselamatan banyak orang.

Banten yang sering kebanjiran, longsor, gempa (terutama didaerah selatan), ancaman badai tsunami, dan mungkin saja gunung Krakatau (analisa vulkanologi diperkirakan masih sangat lama).

Pelatihan baru lalu di Ciwandan Kotamadya Cilegon yang diikuti 2000 orang untuk menghadapi bencana tsunami, rasanya masih ada yang kurang mengenai mengenai dampak  lanjutannya.

Beberapa saran yang menjadi masukan untuk Pemkot Cilegon dan Pemerintahan Propinsi Banten yaitu sbb. : 

Pertama, Sistem Peringatan Dini Kota  yang diintrusksikan oleh Satkorlak dan Basarnas harus mampu diterjemahkan dengan cepat, akurat, dan terpercaya, serta mampu melakukan koordinasi yang kuat dengan semua lini terkait dalam penanggulangan bencana tersebut.

Kedua,  dampak limbah industri kimia B3 dan radiasi zat kimia yang sangat banyak di Cilegon berbahaya bagi keselamatan banyak orang, bukan hanya diwilayah Cilegon, tetapi hingga keluar kota radius puluhan kilometer, terutama dampak berbahaya yang terbawa angin dan air. Ini harus ditanggulangi dengan sistem yang terkoordinasi dengan pihak perusahaan dan teknik cepat menon-aktifkan, serta pembuangan limbah dampak tersebut. Begitupula sistem pengamanan dan keselamatan bagi warga kota harus dipikirkan.

Ketiga, antisipasi tsunami dengan adanya air pasang dari laut diperlukan Benteng Alam yang sangat kuat, apalagi jika  pantai sudah tergerus akibat abrasi, yaitu dengan menanam mangrove (bakau) di daerah  titik kritis. 

Sebab abrasi ini banyak juga  disebabkan oleh penambangan pasir laut, lebih baik semua dihentikan dan fokus pada potensi perikanan, serta kelautan di seluruh wilayah Banten.

Semoga ini menjadi perhatian pemerintah dan pihak terkait  untuk dapat kembali dianalisa dan dikaji ulang.

Banjir Merendam Kita 

Apa yang terjadi hari ini di Jateng (terutama Karang Anyar-Bengawan Solo), Jatim dan Pandeglang adalah fenomena alam yang kerap terjadi disebabkan oleh banyak hal. Baik oleh tangan tuhan maupun kelalaian manusia.

Saya turut prihatin atas terjadinya banjir tahunan yang cukup besar ini, semoga solidaritas sosial  kita tetap terjaga dan menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi diantara kita semua.  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s