Gempa Bumi Hari Ini

Tasikmalaya Diguncang Gempa 7,3 Skala Richter
Rabu, 02 September 2009

Tasikmalaya Diguncang Gempa 7,3 Skala Richter, pada pukul 14.55 WIB. Lokasinya 142 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 30 km. Gempa tersebut berpotensi tsunami.

Menurut laporan kontributor tvOne, kondisi di Tasikmalaya banyak rumah rusak dan beberapa jalan aspalnya terbelah. Warga berhamburan keluar rumah, dan umumnya berkumpul di jalan raya.

Getaran gempa terasa cukup keras di Jakarta, Jawa Barat selatan, Jawa Tengah Selatan, dan Yogyakarta. Pihak BMKG mengingatkanakan adanya gempa susulan, dan diimbau warga di tepi pantai selatan untuk waspada mengingat gempa tersebut berpotensi tsunami.

Film Reality Show TV One Terjadi Gempa

Lokasi Gempa Tasikmalaya
Gempa Tasikmalaya Berpotensi Tsunami
Rabu, 02 September 2009

Tasikmalaya, (tvOne)

Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang barat daya Tasikmalaya. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 14.55 WIB.

Guncangan gempa dirasakan di Jakarta, Jogjakarta, Pelabuhan Ratu, dan Banjarnegara. Gempa tersebut berpotensi tsunami. Akibat gempa tersebut dilaporkan, jaringan telekomunikasi di Tasikmalaya terputus.

Balaikota Tasikmalaya Rusak Berat Akibat Gempa

Tasikmalaya, (tvOne)

Balaikota Tasikmalaya rusak berat akibat gempa bumi berskala cukup besar mengguncang wilayah Tasikmalaya sekitar pukul 14.55 WIB, Rabu (2/9). Kerusakan gedung Walikota Tasikmalaya, antara lain genting jatuh cukup banyak. Bahkan, beberapa tiang ruangan sempat menimbulkan suara yang diduga akan mengakibatkan roboh.

Sebagian atap dalam gedung juga runtuh. Melihat situasi seperti itu, para PNS dan tamu yang datang ke Gedung Pemerintah Kota Tasikmalaya berhamburan keluar gedung.

Menurut seorang PNS Pemerintah Kota Tasikmalaya bernama Jajang, gempa pertama yang terasa cukup kuat membuat seluruh pegawai di dalam kantor keluar gedung. Selanjutnya, gempa tersebut dirasakan para PNS di luar gedung dan merasakan guncangan gempa berskala 7,3 skala Richter sambil membacakan lafadz “Allahu Akbar”. “Semuanya panik untuk menyelamatkan diri, bahkan ada yang langsung pulang,” katanya.

Dampak peristiwa tersebut, sejumlah pegawai mengalami luka ringan akibat jatuh saat berlari karena panik. Ada juga yang tertimpa atap gedung.

Menurut Jajang yang bertugas di bidang kehumasan, korban luka ringan dialami wakil Walikota Tasikmalaya Dede Sudrajat yang tertimpa genting di bagian tangannya. “Kini Pak wakil sudah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat,” katanya. (ant)

Sekitar 12 Rumah Tertimpa Longsor di Cianjur
Rabu, 02 September 2009 17:25 WIB

(tvOne)
Enam orang dilaporkan meninggal akibat gempa 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Selain korban jiwa, sebanyak 12 rumah mengalami rusak akibat tertimpa longsor.

“12 rumah warga tertimpa longsor di Cianjur Selatan,” kata Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Priyadi kardono, Rabu.

Lokasi tepatnya daerah longsor itu di sekitar Kecamatan Jebrong. Sebelumnya, menurut Priyadi, enam orang meninggal di wilayah yang sama.

Korban yang meninggal itu satu orang di Sukanegara dan lima lainnya di Cibinong. Semua laporan korban tewas itu baru berasal dari Kabupaten Cianjur Selatan.

Gempa bumi yang terasa di Jakarta ternyata berpusat di 142 km  barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gempa ini terjadi di kedalaman 30 km dari permukaan laut dan berpotensi tsunami. Gempat tercatat terjadi sekitar pukul 14.55 WIB, Rabu, 2 September 2009 dan berpusat pada 8,24 LS. (VIVAnews)

Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai Sumbar
Rabu, 02 September 2009

Bandarlampung, (tvOne)

Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) terjadi di perairan Mentawai Sumbar pada Rabu, pukul 06.47 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang berkedalaman 10 kilometer itu berpusat pada 96 kilometer Barat Laut Sipuramentawai-Sumbar, 124 kilometer Barat Daya Pariaman-Sumbar, dan 124 kilometer Barat Daya Padang-Sumbar. (Ant)

Sebelumnya Gempa Terjadi di Sumut, Kupang, Mentawai, dan Yogyakarta

Gempa 5.3 SR Guncang Baratdaya Tanahbala Sumut
Sabtu, 29 August 2009 12:00 WIB

Jakarta, (tvOne)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 5.3 Skala Richter guncang baratdaya Tanahbala, Sumatera Utara.

Lokasi gempa yang terjadi pukul 11.13 WIB itu berada pada 0,98 lintang selatan dan 97,9 bujur timur. Gempa ini berada dikedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa juga dirasakan di 108 kilometer barat daya Tanah Masa, Sumatera Utara, 112 kilometer barat laut Siberu Mentawai, Sumatera Barat, 273 kilometer barat laut Sipura Mentawai, Sumatera Barat, dan 249 kilometer barat daya Pariaman, Sumatera Barat. Namun, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (VIVAnews.com)

Gempa Berkekuatan 6,9 SR Guncang Kupang NTT
Jumat, 28 August 2009 10:28 WIB

Kupang, (tvOne)

Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggaraa Timur (NTT) pada hari Jumat (28/8) pukul 09:51:17 Wita pada lokasi 7.37 LS – 123.50 BT dengan kedalaman 670 Km namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Pusat gempa berada di laut 234 km Tenggara Bau-bau, Sultra dan getarannya dirasakan di Waingapu Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Ende,” kata Koordinator Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang Hariyanto di Kupang, Jumat.

Efek getaran gempa itu dirasakan di Kupang, Ende, Waingapu dan Namlea pada skala III Modified Mercally Intensity (MMI).

Efek gempa juga dirasakan di Karangkates (II-III MMI), Makasar (II) dan Bali (II). “Kita bersyukur karena efeknya tidak mencapai IV hingga VI MMI sehingga tidak menimbulkan kerusakan fisik bangunan atau korban jiwa,” katanya.

Meski getaran tidak terlalu kuat, namun sejumlah warga Kupang tampak berhamburan ke luar rumah ketika gempa tersebut mengguncang kota itu namun 30 menit kemudian warga berangsur-angsur kembali memasuki rumah masing-masing. (Ant)

Gempa 5.0 SR Guncang SiberutMentawai
Jumat, 28 August 2009 08:20 WIB

Bandarlampung, (tvOne)

Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) terjadi pukul 05:51 WIB di 1,43 Lintang Selatan dan 99,46 Bujur Timur, pada 69 kilometer Tenggara Siberutmentawai, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat.

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat, gempa berkedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa juga berada pada 89 kilometer Barat Laut Sipuramentawai, Sumatra Barat; 112 kilometer Barat Daya Padang, Sumatra Barat; dan 115 kilometer Barat Daya Pariaman, Sumatra Barat. (Ant)

Gempa Berkekuatan 4,4 DIY Guncang DIY
Sabtu, 22 August 2009 12:52 WIB

Yogyakarta, (tvOne)

Gempa berkekuatan 4,4 skala Richter (SR), Sabtu siang sekitar pukul 11.35 WIB melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. “Gempa terjadi di dusun Temu Ireng, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul atau sekitar 13 kilometer tenggara Kabupaten Bantul,” kata Kepala Seksi Observasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Bambang Subadio, Sabtu.

Menurut dia, titik gempa berada pada 8,01 lintang selatan (LS) dan 110.37 bujur timur (BT), di daratan dengan kedalaman 10 kilometer. “Gempa ini tidak ada kaitannya dengan gempa 4,2 SR yang terjadi Rabu (19/8) lalu, dan gempa ini akibat pergeseran patahan lapisan bumi,” katanya.

Ia mengatakan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan kerusakan besar maupun tsunami. “Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi, ini merupakan akibat dari penumpukan energi yang tidak mampu ditahan oleh bumi sehingga kemudian dilepaskan,” katanya.

Pada 19 Agustus 2009 sekitar pukul 09.05 WIB, DIY digetarkan oleh gempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter (SR), yang menimbulkan kepanikan masyarakat.

Menurut Bambang Subadio gempa bumi tersebut terjadi di 28 kilometer (km) tenggara Yogyakarta atau daerah Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. “Posisi gempa berada pada 8,4 lintang selatan (lS), 110,45 bujur timur dengan kedalaman 10 km dari permukaan bumi,” katanya.

Menurut dia, gempa bumi tersebut tidak ada kaitannya dengan gempa di Sumatra dan Maluku. “Memang beberapa waktu terakhir ini sering terjadi gempa di seluruh Indonesia,” katanya.

Bambang mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan karena gempa ini merupakan gejala alam biasa. “Meski demikian masyarakat harus tetap waspada, namun tidak perlu panik dan dihubung-hubungkan dengan gempa sebelumnya yang melanda Yogyakarta,” katanya. (Ant)

Film Reality Show TV One Terjadi Gempa

Lokasi Gempa Tasikmalaya

http://www.tvone.co.id/arsip/view/21860/2009/09/02/gempa_akibatkan_beberapa_bangunan_rusak

About these ads

2 tanggapan

  1. spai kpn musibah ini akn brjln

    Sabtu, April 6, 2013 pukul 7:08 pm

  2. dunia sudah semakin tua ….

    Jumat, Oktober 16, 2009 pukul 6:15 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 194 pengikut lainnya.