Seni Purba yang Eksotis

Seniman Prasejarah yang Dahsyat

Siapa bilang manusia purba tak dapat menggambar, memahat, dan melukis dengan indah? Karya mereka tak kurang hebatnya seperti seniman Picaso, Rembrant, dan lain-lain. 20 Karya lukis yang terpatri puluhan ribu tahun silam terekam jelas menjadi karya seni rupa alami yang monumental yang hingga kini dapat dinikmati dan diakui sangat mempesona dunia.

Dari gua-gua tempat mereka tinggal, dan berawal dari sinilah kemudian gambar-gambar hingga huruf abjad diciptakan oleh manusia ketika mulai memasuki masa sejarah peradabannya (masa historik). Ditandai ekspresi seni rupa yaitu seni pahat dan lukis kemudian huruf abjad simbol pertama kali diciptakan oleh bangsa Mesir yaitu Hiroglief (huruf abjad yang diambil dari simbol lambang mahluk hidup, benda mati dll) diperkirakan sekitar 3500-2500 SM hingga mahakarya seni bangunan Piramida di Gizeh.

Sejarah kemudian berulang tahun dan hal ini tidak lebih sama kemudian dengan masa renaisance (kebangkitan intelektual) yang diawali oleh pemberontakan kaum intelektual Eropa yang datang melalui menjelajahi samudra, pengaruh ilmu pengetahuan Islam dan Yunani serta karya seni lukis Van Gogh dan Rembrant, yang kemudian membawa inspirasi kepada masa pencerahan (aufklarung) yang mengguncang dunia.

Coba saja anda lihat dan nikmati karya seni lukis purba ini melalui akses data yang saya dapatkan dari sumber situs ; http://haninhamidi.blogspot.com/2008/08/20-lukisan-prasejarah-paling-mempesona.html

Dibawah ini hasil data yang mereka kumpulkan;

1. Manusia prasejarah yang hidup di lembah Dordogne pertama kali membuat Font de Gaume sekitar 25.000 tahun SM. Mulut goa ini tak didiami lagi setelah beribu tahun kemudian. Setelah kepergian penduduk prasejarah yang mendiaminya, goa ini terabaikan begitu saja hingga pada abad ke 19 banyak orang yang mengunjungi goa ini.

Pada tahun 1901, Denis Peyrony, seorang pengajar dari Les Eyzies, menemukan lukisan di dalam goa Font de Gaume. Lukisan ini dibuat 17000 SM ditemukan pada masa pemerintahan Magdalénien

2. Altamira Caves: Lukisan Terbagus menurut Picasso

Goa Altamira yang menakjubkan ini terletak di dekat Santilliana del Mar di Cantabria, Spanyol Utara 150 km sebelah barat kota Santander. Pada tahun 1868 seorang petualang bernama Modesto Cubillas menemukan goa ini, namun baru pada tahun 1875 goa ini dieksplorasi lebih dalam oleh seorang Santander bernama Marcellino Sanz de Santuola. Putrinya Maria de Santuola menemukan lukisan mempesona di dalam goa Altamira ini pada tahun 1879.

3. Chauvet Caves : Seni Spektakuler

Goa Chauvet ini terletak di wilayah Ardèche sebelah selatan Perancis. Goa ini menjadi terkenal setelah tahun 1994 tiga orang speleologis menemukan pahatan yang menghiasi dinding goa ini. Goa Chauvet kemudian menjadi salah satu situs prasejarah paling terkenal di dunia.

4. Goa Lascaux: Sistine Chapel versi Prasejarah
Terkenal dengan sebutan “the prehistoric Sistine Chapel,” goa Lascaux ini berada di wilayah Perancis barat daya, menyimpan lukisan-lukisan prasejarah dari 15ribu tahun yang lalu.

Goa ini ditemukan pada 12 September 1940 pleh 4 remaja, Marcel Ravidat, Jacques Marsal, Georges Agnel, dan Simon Coencas, beserta anjing Ravidat, Robot. Setelah pernag dunia kedua goa ini mulai dipugar.Awal tahun 1955, karbon dioksida yang ditimbulkan oleh para pengunjungnya (1.200 orang per hari) merusak lukisan dalam goa ini. Untuk melindungi situs ini pada tahun 1963 ditutup untuk umum.

5. Magura Cave: Kembali ke dunia prasejarah

Magura Cave: Kembali ke dunia prasejarah

Goa Magura cave terletak di barat laut Bulgaria, sekitar 180km dari pusat kota Sofia. Keunikan goa ini terletak pada lukisan yang terpahat di atas bebatuannya yang ternyata terbuat dari guano (kotoran kelelawar). Lukisan ini menceritakan beberapa epos seperti – The Epupaleolith, The Neolith, The Eneolith, dan juga kisah Awal Zaman perunggu.

6. Cosquer Cave: Goa bawah laut 27 ribu tahun yang lalu

Goa Cosquer ini terletak di Calanque de Morgiou dekat Marseille, Perancis, tak jauh dari Cap Morgiou. Sekarang goa ini terletak di bawah laut dan ditemukan oleh Henri Cosquer pada 1991. Untuk masuk ke goa ini harus melewati terowongan sepanjang 175-meter dengan kedalaman 37 meter di bawah laut.

About these ads

One response

  1. udi isdiyanto

    Wah…benar2 fantastis,….ternyata ratusan ribu thn yang lalu sdh ada manusia yang sudah bisa mencurahkan karya seninya lewat lukisan, trims di situs goa purba.

    Jumat, November 5, 2010 pukul 6:19 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 196 pengikut lainnya.